Daerah

Gubri Kunker ke Siak, Bupati Siak: Terima Kasih Membawa Keberkahan Bagi Masyarakat

Bupati Kabupaten Siak, Alfedri memberikan sambutan usai mendampingi Gubernur Riau Syamsuar meninjau operasi pasar di Kabupaten Siak, Jumat (19/08/2022). (F:ist-ANews)

SIAK (ANews) - Bupati Kabupaten Siak Alfedri menyambut antusias kedatangan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Siak.

Disebutkan, kehadiran Gubernur Riau tersebut membuat keberkahan bagi masyarakat Siak, khususnya yang berada di Kecamatan Kandis.

"Terima kasih pak gubernur, hari ini pak gubernur juga membuat keberkahan bagi masyarakat di Siak khusus di Kecamatan Kandis yang juga mengadakan pasar murah," ujarnya, di Kandis Kabupaten Siak, Jumat (19/8/22).

Alfedri mengatakan, pasar murah tersebut memang harganya jauh lebih murah dibandingkan harga di pasaran. Sehingga sangat membantu masyarakat di sana.

Selain itu jelasnya, sekarang ini memang beberapa komoditi merangkak naik harganya. Untuk itu, penyelenggaraan pasar murah ini bagian dari membantu masyarakat dan solusi terbaik mengatasi inflasi.

"Terutama untuk menyosialisasikan bagaimana budidaya tanaman pekarangan terutama tanaman pangan dan juga palawija bisa dilakukan masyarakat di rumah-rumah penduduk," tambahnya.

Pada kesempatan itu, terang Bupati Siak ini, keberkahan lain di Kabupaten Siak atas kehadiran orang nomor satu di Provinsi Riau tersebut adalah sekaligus menyerahkan bantuan secara simbolis Bantuan Keuangan Khusus Desa kepada pemerintah Kampung di Kabupaten Siak termasuk untuk Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam) di Kabupaten Siak.

Jelasnya, adanya bantuan tersebut menjadi stimulus bagaimana roda pemerintah lebih baik, pembangunan bisa lebih baik pembangunan bisa lebih cepat terlaksanakan di pemerintahan kampung dan juga bisa memberdayakan BUMKam sebagai suatu institusi kelembagaan yang mendorong perekonomian di kampung-kampung dan di desa.

"BUMKam termasuk sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi desa, sehingga ini bisa berkembang dengan baik dan kita tentu bisa melaksanakan terobosan-terobosan termasuk UMKM yang ada di Kabupaten Siak," ujarnya.

Alfedri menambahkan, BUMKam yang saat ini ada 29 BUMKam klasifikasi dasar, 35 BUMKam dalam kategori tumbuh dan 31 BUMKam berkembang, serta 27 BUMKam kategori maju.

"Kami harapkan kepada pak penghulu mendorong BUMKam yang hari ini ada 29 ini (klasifikasi dasar) bisa naik ke minimal untuk tumbuh dan maju di masa mendatang. Semoga dengan stimulus ini bisa akselerasi untuk meningkatkan BUMKam," tukasnya.(INF)



Tulis Komentar