Opini

Rapat Umum Ippan Shadan Hoojin Mihara Mosque Japan Tahun 2022

Beberapa orang peserta rapat yang hadir berfoto bersama selesai acara. (F:ist-ANews)

Oleh : Suzanna Hadi Ma’rifat

Dimulai dengan ucapan “Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah, washolatu wassalamu ala Rasulillah. Amma ba'du”, acara Rapat Tahunan Ippan Shadan Hoojin MMJ tahun 2022 dimulai.

Jarum jam menunjukkan pukul 11.00 JST (Japan Standard Time) hari Ahad, tanggal 16 Oktober 2022. Kalimat pembuka di atas diucapkan oleh H. Tarmizi Umar, Direktur Mihara Mosque Japan (MMJ), di ruang utama MMJ di hadapan sekitar 50 orang jemaah yang hadir. 

Sedikit melihat ke belakang. Hari Rabu tanggal 20 Oktober 2020, Sertifikat Ippan Shadan Hoojin atau Yayasan Berbadan Hukum diberikan secara resmi oleh pemerintah Jepang kepada Masjid Mihara. 

Sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku di Jepang, setiap organisasi IPPAN SHADAN HOJIN memiliki kewajiban-kewajiban. Diantaranya adalah melaksanakan musyawarah atau rapat umum anggota organisasi minimal sekali dalam dua tahun dengan agenda pokok laporan pertanggungjawaban (LPJ) dan pergantian pengurus.

Ruang utama MMJ tempat rapat berlangsung. (F:ist-ANews)

Hasil pertemuan kemudian dilaporkan dalam bentuk laporan tertulis kepada pemerintah Jepang.

Dalam rapat hari Ahad tersebut, pengurus MMJ 2020-2022 menyampaikan LPJnya. Sesuai akta sertifikat Ippan Shadan Hoojin, pengurus lama terdiri dari 3 orang. Satu Direktur: H. Tarmizi Muhammad Umar dan  dua Asisten Direktur yaitu drh. Zubaedy Yusuf dan Muhammad Imam Mudhofar, SS. 

Dalam perjalanannya, mengingat semakin luas lingkup aktifitas di MMJ, maka dibentuk beberapa divisi sesuai dengan kebutuhan. Divisi-divisi dimaksud adalah Divisi STM (Serikat Tolong Menolong) dengan personil, Yusrianto Sugihara dan Anggoro Adi Muliawan, dalam perjalanannya, posisi Anggoro diganti oleh M. Natsir. Divisi Kemuslimahan (sebelumnya bernama divisi Ummahat/ Perempuan dan Anak-anak) diisi oleh Indah dan Aida Narita, Divisi Pemuda Masjid: Mohan Pribadi dan Aqnees. Divisi Kominfo: Suzanna Hadi Ma’rifat, Sabiruddin  dan Perry Tahari. Divisi Rumah Tangga: Rochmat Sholeh dan Dedi Rosadi Yamamoto.

Hal yang cukup istimewa dalam rapat kali ini adalah adanya peserta yang hadir secara online menggunakan aplikasi Zoom, mereka adalah  drh. Zubaedy Yusuf dari Makasar, Sulawesi Selatan dan Dr. Tri Kustono dari Blitar, Jawa Timur.

Rapat berjalan dengan lancar dan hikmat. LPJ pengurus lama diterima secara aklamasi dengan beberapa catatan perbaikan. Nampak dari paparan LPJ, ternyata MMJ memiliki banyak ragam kegiatan. Selama dua tahun, beraneka aktivitas telah terwujudkan. Meskipun pandemi Covid-19 cukup memberikan pengaruh, kegiatan2 MMJ secara umum telah mampu memberikan imbas kemanfaatan. Tidak hanya bagi anggota MMJ, namun juga masyarakat diaspora Indonesia di Hiroshima dan sekitarnya.

Acara-acara yang telah dilaksanakan antara lain gelaran berbagai jenis hajatan dan perayaan hari-hari besar Islam, maupun hari-hari besar RI, pengajian rutin setelah sholat subuh, pengajian rutin ibu-ibu yang diadakan setiap bulan, tadabur alam bersama, gotong royong dan banyak lagi.  Dan terakhir yang paling baru adalah warung konsuler dan bazar makanan halal Indonesia, dimana peserta yang hadir dalam 2 hari pelaksanaannya dikunjungi tidak kurang dari 220 orang.

Berikut daftar pengurus Ippan Shadan Hojin MMJ 2022-2024 yang telah dipilih secara demokratis oleh peserta yang hadir.

Direktur:  H. Tarmizi Muhammad Umar, Co. Direktur:  Deede Hara dan Muhammad Imam Mudlofar, SS. Divisi STM:  Yusrianto Sugihara dan Muhammad Thamim Hasbi. Divisi Pemuda Masjid: Mohan Pribadie dan Aqnessa. Divisi Kemuslimahan: Haryra Rubby dan Purwandari. Divisi Kominfo: Suzanna Hadi Ma’rifat dan Perry Tahari. Divisi Rumah Tangga Masjid: Rochmat Sholeh dan Dedi Rosadi Yamamoto.  Auditor : M. Maulana Yusuf.

Rapat ditutup saat adzan sholat Dzuhur berkumandang.  Selepas sholat berjamaah, acara dilanjutkan dengan ramah tamah sambil makan bersama. 

Terima kasih disampaikan kepada Bapak Dr. Tri Kustono Adi dan Bapak drh. Zubaedy Yusuf. Kehadiran bapak berdua secara online memperlihatkan keberlangsungan, kekompakan dan keberhasilan pengurus MMJ 2020-2022.

Terimakasih kepada Pengurus lama. Mudah-mudahan jerih payahnya menjadi bagian dari amal shalih yang istimewa dan selamat kepada pengurus baru semoga mampu membawa MMJ semakin berkah dan maju. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

 

Divisi Kominfo MMJ



Tulis Komentar