Daerah

APBD Kabupaten Bengkalis TA 2023 Disahkan

Rapat Paripurna Laporan Badan Anggaran DPRD terhadap penyampaian Ranperda APBD Tahun Anggaran 2023 telah mensahkan APBD Kabupaten Bengkalis TA 2023. (F:ist-ANews)

BENGKALIS (ANews) - Rapat Paripurna Laporan Badan Anggaran DPRD terhadap penyampaian Ranperda APBD Tahun Anggaran 2023 (sekaligus pengambilan keputusan), digelar usai dua agenda sebelumnya yang sukses dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bengkalis, Senin (21/11/2022).

Rapat masih dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H. Khairul Umam beserta Wakil Ketua I Syahrial, Wakil Ketua II Sofyan, Wakil Ketua III Syaiful Ardi dan Bupati Kabupaten Bengkalis Kasmarni.

Juru bicara Banggar H. Adri  menerangkan, menjadi harapan bersama agar keuangan daerah harus di kelola secara tertib, taat pada peraturan parundang-undangan, efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan asas keadilan, Kepatutan dan bermanfaat bagi masyarakat hendaknya menjadi komitmen bersama untuk mencapainya.

Oleh karena itu semua proses pembahasan yang telah dilalui oleh Badan Anggaran DPRD Kabupaten Bengkalis bersama TAPD sebagai upaya menciptakan pembangunan yang mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bengkalis secara menyeluruh.

"Sesuai dengan hasil pembahasan total Rancangan APBD Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2023 adalah sebesar 4.199.741.009.104 Trilyun.  Sesuai dengan Anggaran APBD Kabupaten Bengkalis  diharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis memandang pentingnya keterpaduan berbagai program lintas urusan dan lintas OPD yang saling berkaitan didalam merealisasikan pembangunan. Badan Anggaran DPRD Kabupaten Bengkalis mendorong peran aktif BAPPEDA dan TAPD dalam mengarahkan dan mengkoordinasikan program atau kegiatan lintas OPD agar dapat terintegrasi dan saling bersinergi untuk mendukung pembangunan Kabupaten Bengkalis, untuk itu perlu menjaga dan menjalin hubungan keharmonisan dalam menjalankan roda pemerintahan untuk mewujudkan Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera," tambahnya lagi.

Seluruh fraksi menyetujui dan menerima laporan Banggar tersebut dengan berbagai harapan dan masukan kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Fraksi Golongan Karya melalui Wakil Ketua Syahrial mendukung penuh proses pembahasan APBD sesuai dengan mekanisme untuk ditindaklanjuti menjadi keputusan dan diperdakan.

"Diingatkan kepada pemerintah daerah untuk segera melakukan pelelangan dini dan dilaporkan kepada DPRD serta berkaitan dengan jaminan kesehatan yang sudah mencapai tahap UHC supaya bisa ditingkatkan lagi," tambahnya.

Simon Lumban Gaol selaku juru bicara Fraksi PDI perjuangan menyetujui laporan Badan Anggaran tersebut dengan masukan kepada pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan sarana dan prasarana Rumah Sakit Umum di Mandau.

Dilanjutkan dengan Fraksi PAN Rianto,  yang mengucapkan terima kasih khususnya kepada kepala dinas PUPR atas pelaksanaan kegiatan di Gajah Mada, kinerja ini tidak lepas dari pelelangan dini dan ia berharap selanjutnya dilakukan pelelangan dini proyek-proyek kecil dan mengusulkan penganggaran PUPR untuk dimaksimalkan lagi.

Anggota DPRD lainnya, Hendri, Hj. Zahraini, dan Febriza Luwu juga menyampaikan sarannya untuk menindaklanjuti  pembangunan yang belum tersentuh di Daerah Rupat Jalan Pangkalan nyirih dan kepada pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan anak-anak berprestasi yang telah mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis.

"Kami berharap kedepannya setiap OPD yang ada di lingkungan pemerintah Kabupaten Bengkalis Untuk diseragamkan harga satuan belanja barang dan jasa demi meningkatkan APBD Kabupaten Bengkalis yang lebih maju," tegas Febriza Luwu.

Dilanjutkan dengan penandatangan rancangan APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2023 oleh Bupati Kabupaten Bengkalis Kasmarni dan Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H. Khairul Umam yang didampingi Wakil Ketua I Syahrial, Wakil Ketua II Sofyan, dan Wakil Ketua III Syaiful Ardi.

Kasmarni selaku Bupati Kabupaten Bengkalis menyampaikan, "Dengan disahkannya RAPBD Tahun 2023 ini, kami berharap segala kebutuhan belanja daerah untuk anggaran tahun berjalan bisa terpenuhi tetapi kita yakini bahwa masih banyak kebutuhan pembangunan yang berbentuk pelayanan dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat belum tersentuh. Ini tergambar dari antusiasme dan keinginan kita semua mengusulkan dan menyarankan kegiatan kegiatan yang harus kita anggarkan pada APBD ini," tuturnya.

"Alhamdulillah kita sudah sukses melaksanakan 3 paripurna, yaitu paripurna laporan reses, penyampaian laporan Pansus pajak dan retribusi daerah dan pengesahan APBD TA 2023 yang mudah-mudahan berkah dan semakin bisa membawa Bengkalis menjadi bermarwah, maju dan sejahtera sebagaimana yang dicita-citakan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis," ucap Ketua Khairul Umam saat diwawancarai usai paripurna.(INFOTORIAL)

 



Tulis Komentar