Daerah

Digelar di Masjid Dzikrullah, Camat Buka MTQ Kelurahan Sialangmunggu

Salah satu peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kelurahan Sialangmunggu saat melantunkan tilawahnya Kamis (19/1/2023) di Masjid Dzikrullah RW 19 Jl Pendidikan Perumahan Karya Yepupa Indah. (F:RNM/ANews)

PEKANBARU (ANews) - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kelurahan Sialangmunggu digelar hari ini Kamis (19/1/2023) di Masjid Dzikrullah RW 19 Jl Pendidikan Perumahan Karya Yepupa Indah. Sebanyak 65 peserta dari kalangan anak-anak, remaja dan dewasa putra putri dalam perlombaan MTQ yang hanya memperlombakan kategori Tilawah Al Qur'an.

MTQ dibuka oleh camat Tuah Madani Junaidi S.Sos MSi. Turut hadir dalam kesempatan itu Lurah Sialangmunggu Fitriyati SP, unsur perangkat daerah di tingkat kelurahan dan dan tingkat RW di Kelurahan Sialangmungggu.  Acara juga dimeriahkan dengan menghadirkan penampilan dari kelompok Hadroh Riyadhatus Sholihin.

Camat Tuah Madani Junaidi S.Sos MSi membuka MTQ Kelurahan Sialangmunggu. (F:RNM-ANews)

Mengambil tema "Dengan MTQ Kota Pekanbaru Kita Wujudkan Mental Insan Yang Qur'ani", Camat Junaidi berharap kegiatan ini akan memberikan manfaat bagi kaum muslimin terutama generasi muda untuk membentuk mental muslim yang cinta Al Qur'an dan selalu berperilaku sesuai dengan yang digambarkan dalam Al Qur'an. 

"Tentunya dengan kegitaan MTQ ini muncul bibit-bibit qori dan qoriah yang tentunya akan dapat kita orbitkan untuk MTQ di tingkat selanjutnya, MTQ kecamatan, kota, provinsi bahkan hingga ke tingkat nasional,''imbuh Junaidi.

Di kesempatan yang sama Ketua RW 19 Kelurahan Sialangmunggu Dasrizal mengaku bangga dan mengucapkan rasa terimakasihnya kepada pihak kelurahan Sialangmunggu yang telah menunjuk Masjid Dzikrullah yang berada di lingkungan RW 19 Kelurahan Sialangmunggu sebagai tuan rumah MTQ tingkat kelurahan pada tahun 2023 ini.

"Tentunya ini menjadi kebanggaan bagi kami, seluruh warga RW 19 di Perumahan Karya Yepupa Indah yang ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Kelurahan Sialangmunggu. Alhamdulillah pembukaan berjalan dengan lancar," ucapnya didampingi Ketua Panitia MTQ Kelurahan Sialangmunggu Mastur.

Ketua RW 19 Dasrizal bersama warga Perumahan Karya Yepupa Indah. (F:RNM-ANews)

Lebih lanjut Dasrizal mengungkapkan bahwa dengan pelaksaaan MTQ di Masjid Dzikrullah ini diharapkan menjadi motivasi bagi kaum muslimin untuk lebih semangat mempelajari Al Qur'an dan menjadi generasi yang cinta Al Qur'an.

"Dengan MTQ kita juga dapat mencari bibit-bibit qori dan qoriah di lingkungan Masjid Dzikrullah ini dan dalam waktu dekat kita akan membentuk lembaga yang bisa mewadahi dalam mencari dan membentuk bibit-bibit tersebut. Yah, seperti Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) jika memungkinkan akan disegerakan," urainya. 

Dasrizal juga menambahkan, dia juga merasa haru dan bangga dengan besarnya dukungan warga RW 19 Perumahan Karya Yepupa Indah dalam mendukung kegiatan MTQ ini. Bahkan banyak warga yang dengan sukarela menyumbang bagi terlaksananya kegiatan ini dengan baik.

Penampilan kelompok Hadroh Riyadhatus Sholihin. (F:RNM-Anews)

"MTQ ini kan didanai oleh kelurahan, Masjid Dzikrullah hanyalah sebagai fasilitator untuk kegiatan ini. Namun untuk mengungkapkan rasa syukur dengan ditunjukknya sebagian tuan rumah, banyak warga yang menyumbang. Untuk menghargai para donatur, pada malam penutupan nanti, kami menyediakan menu makan malam bersama warga dengan memotong kambing sebagai bentuk ungkapan rasa syukur warga bagi pelaksanaan MTQ Kelurahan Sialangmunggu di Masjid Dzikrullah," ujar Dasrizal.

Sementara itu Ketua Masjid Dzikrullah Siswanto menambahkan untuk kegiatan syiar Al Qur'an di Masjid Dzikrullah sejauh ini sangat intens dilakukan seperti "maghrib mengaji" dan didikan subuh tuk anak-anak. Demikian juga dalam kegiatan Majelis Taklim terutama kaum ibu-ibu. 

Serba serbi MTQ Kelurahan Sialangmunggu di Masjid Dzikrullah. (F:RNM-ANews)

"Alhamdulillah, kegiatan syiar  Al Qur'an di Masjid Dzikrullah cukup banyak dilakukan. Tidak hanya mengaji, tapi juga dakwah yang tentunya tidak jauh dari implementasi kandungan dari isi Al Qur'an. Untuk rencana pembentukan LPTQ juga sudah mulai kita bicarakan di tingkat pengurus maupun jemaah. Semoga rencana ini segera terwujud dan lancar dalam prosesnya," imbuhnya. (RNM) 



Tulis Komentar