Daerah

Launching KEN 2023, Tim Kesenian Kuansing Tampil di TMII

Prosesi Pemberangkatan Tim Kesenian Kuansing menuju Monas. (F:ARY/ANews)

KUANTAN SINGINGI (ANews) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI telah mengagendakan suatu Kegiatan Kolaborasi dalam Kaharisma Even Nusantara (KEN) Festival atau Launching KEN 2023. Acara ini akan digelar di Palaza Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah Jakarta akan dihadiri dan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan EKonomi Kreatif RI Bapak Sandiaga Salahuddin Uno bersama tamu undangan lainnya.

Even Budaya Pacu Jalur Tradisional Kuantan Singingi termasuk salah satu nominasi KEN 2023 dari Kategori Budaya. Kementerian Pariwisata mengundang langsung Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi untuk menampilkan dan mempromosikan pagelaran seni dan atraksi prosesi budaya pacu jalur tradisional pada festival KEN yang dimaksud. 

Menyikapi undangan Kementerian Pariwisata, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atas arahan Plt. Bupati Kuantan Singingi H. Suhardiman Amby, segera mempersiapkan diri untuk ikut serta yaitu dengan mempersiapkan dan akan mengirimkan Tim Kesenian di bawah binaan Dewan Kesenian Kuantan Singingi (DKKS) yang dipimpin oleh ibu Plt. Bupati Kuantan Singingi ibu Yulia Suhardiman.

Ketika ditanya bangaimana persiapan untuk tampil di Taman Mini, melalui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kuantan Singingi Drs. Azhar, MM, CPM dengan penuh semangat menjelaskan pihaknya telah mendapat undangan dari Kementerian Pariwisata dimana sebelumnya telah dilakukan rapat melalui Zoom Meeting, bahwa festival pacu jalur merupakan salah satu nominasi KEN 2023 kategori budaya dan diminta untuk tampil di Taman Mini. 

Setelah dikoordinasikan dengan pimpinan yaitu Bapak Plt. Bupati, beliau langsung memberikan support dan dukungan. 

"Alhamdulillah, dalam waktu yang singkat kami bersama tim di kantor bekerja sama dengan DKKS di bawah pimpinan istri Plt. Bupati yaitu Ibu Yulia Suhardiman mempersiapkan tim untuk diberangkatkan ke Taman Mini,"ungkapnya.

Alhasil kata Azhar, sebanyak tujuh belas orang yang terdiri dari pemusik dan penari berangkatkan sore ini Selasa, (24/1/2023) menuju Taman Mini. Mereka akan mempersiapkan diri terlebih dahulu di sana.

"Paling lambat hari Jum'at, (27/1/2023) sudah dilakukan gladi bersama panitia penyelenggara festival,"imbuhnya.

Disapaikan, besar harapan bapak Plt. Bupati Kuantan Singingi, kepada masyarakat Riau khususnya masyarakat Kuantan Sungingi dalam wadah IKKS yang berada di Jabodetabek kiranya berkenan menyaksikan pagelaran festival pacu jalur dimaksud diiringi dengan kesenian randai khas Kuantan Singingi yaitu pada hari Sabtu (28/1/2023) mulai 08.00 hingga 17.30 Wib dan Kuansing tampil pukul 15.00 wib”, tutupnya. (ARY)



Tulis Komentar