Daerah

Pacu Jalur Masuk KEN 2023, Sandiaga Uno Se-Jalur Bersama Plt. Bupati Kuansing

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno didampingi Plt. Bupati Kuantan Singingi H. Suhardiman Amby saat launching KEN 2023, Sabtu (28/1/2023) di Plaza Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.. (F:ist-ANews)

JAKARTA (ANews) - Pacu Jalur Tradisional Kabupaten Kuantan Singingi kembali masuk salah satu Kharisma Even Nusantara  (KEN) 2023 yang dilaunching oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno pada hari Sabtu (28/1/2023) di Plaza Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Kepastian Even Pacu Jalur Tradisional yang menjadi kebanggaan masyarakat Kuantan Singingi masuk kedalam salah satu KEN, setelah melalui kurasi dan verifikasi serta penilaian dari berbagai aspek oleh Tim Kurator hingga penetapan sebagai salah satu KEN 2023 kategori even budaya.  

Sebagai bentuk apresiasi pada Even Pacu Jalur, Kementerian Pariwisata mengundang Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi untuk hadir sekaigus  menampilkan prosesi pacu jalur pada acara launching KEN dimaksud. Tak tanggung-tanggung Plt. Bupati Kuantan Singingi H. Suhardiman Amby langsung mengirimkan satu bus Tim Kesenian Kuantan Singingi untuk tampil di Taman Mini dan mempromosikan pacu jalur kepada pengunjung dan masyarakat Jakarta di saat launching KEN.

Turut hadir disaat  launching KEN 2023 antara lain Sekda Kuantan Singingi, beberapa Kepala OPD dan Camat se-Kuansing, serta masyarakat Kuansing di Jakarta antara lain Ketua Umum IKKS Jabodetabek Wan Muhammad Hasyim atau Suhu Wan, Darul Fitrah, dan lainnya.

Pacu Jalur ternyata memiliki kesan tersendiri bagi Mas Menteri Sandiaga Uno, disela-sela peluncuran KEN, Menteri Sandiaga Uno langsung mengunjungi dan menaiki jalur yang telah disiapkan di lokasi acara. Kali ini Mas Menteri menaiki dan mendayung jalur bersama dengan Plt. Bupati Kuantan Singingi H. Suhardiman Amby dan beberapa Kepala OPD dengan penuh sorak sorai bak berpacu di batang kuantan. Plt. Bupati Kuantan Singingi H. Suhardiman Amby yang didampingi Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Drs. Azhar, MM. mengucapkan terima kasih kepada Menteri Sandiaga dan rombongan yang telah mensupport kegiatan pacu jalur hingga masuk kedalam KEN 2023.

"Semoga dengan kembali masuknya Even Pacu Jalur dalam KEN 2023 akan menambah motivasi dan semangat kita dalam membangun kepariwisataan, mari kita persiapkan sejak dini pagelaran Even Pacu Jalur Tradisional di Teluk Kuantan pada bulan Agustus mendatang, "ujar Plt. Bupati. (ARY/ANews))      

 



Tulis Komentar