Daerah

Puncak HUT Satpam ke-42, Kapolda Riau Gelar Syukuran dan Jadi Inspektur Upacara

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK gelar acara syukuran dengan segenap unsur pimpinan DPD-APSI Riau, BPD-Abujapi Riau dan 600 Satpam dari berbagai perusahaan di lapangan Polda Riau, Senin (30/1/2023). (F:iHRZ/Anews)

PEKANBARU (ANews) - Dalam rangka memperingati HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke 42 tahun 2023, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK menggelar acara syukuran dan upacara bersama dengan segenap unsur pimpinan Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (DPD-APSI) Riau, Badan Pengurus Daerah Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (BPD-Abujapi) Riau dan 600 Satpam dari berbagai perusahaan di lapangan Polda Riau, Senin (30/1/2023).

Dengan tema "Sinergisitas Satpam dan Polri Peduli untuk Sesama" tersebut bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK.

Dalam kesempatan itu Kapolda membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia yang mengatakan bahwa kehadiran satpam merupakan kepanjangan tangan Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya secara swakarsa guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban.

Kontribusi satpam jelasnya dalam pengamanan swakarsa selama 42 tahun semakin profesional, sehingga fungsi kepolisian terbatas. Pada masa Covid-19 juga berperan dalam penegakan prokes. Tidak sedikit Satpam yang bisa mengungkap kriminalitas, ke depan Satpam terus berkoordinasi bekerja sama maju dan tangguh.

”Apresiasi kepada Satpam melalui BPD Abujapi dan DPD APSI Riau. Kehadiran Satpam sangat membantu tugas kepolisian menciptakan keamanan dan ketertiban. Semoga ke depan Satpam semakin maju, tangkas, tangguh dan humanis. Sinergisitas Satpam dan Polri peduli untuk sesama,'' harapnya,

Selain itu pesan Kapolda, rekan-rekan satpam juga harus senantiasa berpegang teguh terhadap nilai, norma, dan etika yang baik pada setiap pelaksanaan tugas.

"Junjung tinggi kode etik profesi satpam dan prinsip penuntun tugas satpam dimanapun berada. Tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisiil yang diberikan kepada rekan-rekan satpam merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga karena kehadiran satpam juga merupakan representasi kehadiran Polri di lapangan," pungkasnya.

Sekretaris DPD APSI Riau Joni Karjaini sekaligus sekretaris panitia HUT satpam mengatakan rangkaian HUT Satpam ke-42 ini diantaranya melakukan bakti sosial, bersih-bersih masjid dan gereja, tabur bunga di makam pahlawan, nonton bareng film D’ Bandit, pemberian penghargaan satpam berprestasi, atraksi satpam lainnya ''dan hari ini merupakan puncak HUT Satpam,'' sebutnya.

Sementara Ketua DPD-APSI Riau Emi Afrijon SH juga mengatakan, mereka melaksanakan HUT ke-42 Satpmn dengan berbagai kegiatan. Selain itu ada enam satpam yang mendapat penghargaan, karena berhasil mengungkap tindak kejahatan.

''Kami akan terus me­ngembangkan kemampuan satpan agar lebih bermanfaat untuk masyarakat sebagai pengemban kepolisian terbatas,'' jelasnya.

Di tempat yang sama Ketua Badan Pengurus Daerah Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (BPD-Abujapi) Riau Tagor Rifandi Silalahi ST mengatakan, Abujapi secara nasional yang menangungi perusahaan jasa pengamanan di Indonesia.

''Sesuai arahan Kapolri dan Kapolda kita akan terus bersinergi dalam menciptakan kantibmas tidak terlepas binaan dan koordinasi dengan Polda. Dalam pelaksanaan tetap mengedepankan pengamanan humanis '' jelasnya.(HRZ)

 



Tulis Komentar