Daerah

Sejumlah Kegiatan Budaya Digelar Sempena Hari Jadi Riau

Pacu jalur di Talukkuantan Kabupaten Kuantan Singingi merupakan salah satu daya tarik budaya dan pariwisata Riau. (F: ist-ANews)

PEKANBARU (ANews) - Hari Jadi Provinsi Riau menjadi salah satu momentum yang istimewa bagi Dinas Kebudayaan Provinsi Riau. Karenanya selalu dipersiapkan peristiwa budaya yang menganjungkan negeri Riau tercinta. Selaras dengan itu, sejumlah agenda dan kegiatan dilangsungkan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke 66 Provinsi Riau.

Hari ini, Rabu (9/8/2023) persembahan terbaik disuguhkan di Apel Hari Jadi yang bertajuk Riau Bersatu di halaman kantor Gubernur Riau. Suatu pertunjukan kolaborasi bersama Dinas Pendidikan yaitu Tari Massal yang sangat kental budaya Melayu Riau. Ditarikan 300 siswa-siswi SMA/SMK dengan gembira dan bersemangat.

Kadisbud Riau Raja Yoserizal Zen selaku salah satu pengarah pertunjukan ini mengatakan bahwa pertunjukan hari ini suatu ekspresi yang dapat diwujudkan secara bersama. Bahkan Gubri Syamsuar dan sejumlah Gubri pada masanya turut menari bersama.

“Inilah kegembiraan yang ditunggu untuk diekspresikan dalam bentuk peristiwa budaya. Sebuah simbol kolektif Riau Bersatu di Hari Jadi ke 66 Provinsi Riau,” ungkap Raja Yose.

Proses penciptaan karya tari massal ini, dikatakan Raja Yose dirancang dan dikerjakan sejak 6 Juli 2023 dan dirampungkan pada 6 Agustus 2023, dalam akumulasi waktu kurang lebih 66 jam, dan dipersembahkan membentuk konfigurasi angka 66. Tari Massal yang menganjungkan sejumlah warisan budaya milik Provinsi Riau yang keberadaannya telah diakui secara nasional bahkan dunia, antara lain Pantun, Zapin, Joget Sonde, Silat 3 Bulan, dan Randai Kuantan. Suatu penyatuan semangat pesisir dan darat dalam ekspresi tradisi lisan dan seni pertunjukan.

Kadisbud juga mengatakan bahwa selain Tari Massal Riau Bersatu, di bidang kebudayaan juga mengapresiasi pelaku dan pegiat budaya. Sejumlah sosok yang memiliki komitmen terhadap pemajuan kebudayaan di Riau khususnya kebudayaan Melayu diberikan apresiasi dan penghargaan berupa anugerah budaya.

“Pemprov Riau melalui Dinas Kebudayaan terus berupaya memberi ruang dan perhatian kepada pelaku budaya, seniman, budayawan yang tunak di bidangnya. Suatu bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap prestasi serta kontribusi luar biasa yang telah ditorehkan masyarakat Riau di bidang kebudayaan,” kata Raja Yose menerangkan terkait agenda Anugerah Budaya yang akan dilaksanakan pada Jum’at mendatang (11/8/2023).

Masih banyak agenda bidang kebudayaan yang dilaksanakan oleh Disbud Riau. Seperti diketahui bahwa beberapa hari yang lalu dilaksanakan kegiatan permainan dan olahraga tradisional bertempat di halaman kediaman Gubri bersama peserta yang datang dari Kab/Kota se Provinsi Riau. (rls/ANews)



Tulis Komentar