Mahasiswa Yogyakarta Usul Bangun Asrama Putri dan Layanan Kesehatan

Bagus Santoso : Free Jaminan Kesehatan UHC Berlaku di Perantauan

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso mengunjungi asrama Mahasiswa Putera aset Pemerintah Kabupaten Bengkalis di Gg Kayen 3 Condong Catur Sleman DI. Yogayakarta, Ahad sore (24/9/2023). (F:ist-ANews)

YOGYAKARTA (ANews) -  Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso mengunjungi asrama Mahasiswa Putera aset Pemerintah Kabupaten Bengkalis . Asrama selain digunakan untuk tempat tinggal juga sebagai sekretariat Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta (IPRY) komisariat Bengkalis yang beralamat di Gg Kayen 3 Condong Catur Sleman DI. Yogayakarta, Ahad sore (24/9/2023).

Kedatangan Wabup Bagus Santoso disela- sela agenda pelantikan IPRY tahun 2023 disambut suka cita oleh Ketua IPRY Amirul Faizani dan para mahasiswa. Wabup didampingi Syarifudin Hadi tokoh masyarakat asal Bengkalis dan kawan- kawan lainnya yang kini menetap menjadi penduduk Yogyakarta.

Kunjungan wabup dimanfaatkan para mahasiswa untuk diskusi sekaligus menyampaikan usulan dan harapannya kepada pemkab Bengkalis.  Diantara usulan tersebut ada tiga yang prioritas yaitu ; pembangunan asrama putri, jaminan layanan kesehatan bagi mahasiswa dan renovasi asrama Sri Buantan Bengkalis di  Yogyakarta.

Berdiskusi dengan mahasiswa asal Bengkalis. (F:ist-ANews)

Menurut Amirul Pembangunan Asrama Putri dinilai sangat penting untuk menunjang dan membantu mahasiswa yang menempuh pendidikan di Yogjakarta. “ Sangat penting karena tidak semua mahasiswa yang belajar di sini dari keluarga mampu sebagian besar karena modal tekad kuat “ jelasnya.

Selanjutnya  usulan jaminan layanan kesehatan, Amirul Faizani mengatakan mahasiswa di perantauan, khususnya Yogyakarta, yang ingin berobat, harus mengeluarkan biaya. Untuk meringankan beban mahasiswa saat sakit, disarankan ada program kerja sama antara Pemkab Bengkalis dengan rumah sakit di Yogyakarta.

Meninjau asrama putra Bengkalis di Yogyakarta. (F:ist-ANews)

Sedangkan usulan renovasi asrama Sri Buantan, Bengkalis. Bahwa bangunan asrama banyak yang bocor, plafon rusak. Untuk itu diharapkan ada renovasi asrama pada tahun ini ataupun tahun depan. 

"Kami mohon agar bapak dapat menyampaikan persoalan ini kepada Bupati Bengkalis ibu Kasmarni," ungkap Amirul.

Ketiga usulan itu diperkuat oleh Ketua IPRY Randy Wahyu Riyanda yang juga berasal dari Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis. Ditambahkan Randy, selain ketiga persoalan tersebut, ada persoalan yang dihadapi mahasiswa di perantauan, memang sifatnya kondisional.  Misalnya adanya musibah mahasiswa meninggal dunia. 

Asrama Putra Sri Buantan Bengkalis Yogyakarta. (F:ist-ANews)

Menanggapi berbagai usulan Wakil Bupati Bagus Santoso, menyambut baik usulan dan harapan yang disampaikan mahasiswa Kabupaten Bengkalis di Yogyakarta. Terkait usulan pembangunan asrama putri dan renovasi asrama, agar disampaikan secara tertulis. Selanjutnya akan menjadi salah satu pertimbangan Pemkab Bengkalis. Namun Bagus Santoso menegaskan saat ini Pemkab Bengkalis memfokuskan skala prioritas pembangunan, menyangkut sektor pendidikan, kesehatan maupun infrastruktur daerah. 

Kemudian terkait dengan usulan jaminan kesehatan, Bagus Santoso menegaskan masalah kesehatan menjadi prioritas Pemkab Bengkalis,sehingga usulan ini perlu ada penjajakan antara Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dengan pihak Pemerintah Yogyakarta, khususnya pusat layanan kesehatan setempat. “ Untuk layanan kesehatan secepatnya dinas teknis akan menindaklanjuti. Pemkab Bengkalis  sudah free layanan penjaminan kesehatan melalui program Universal Health Coverage (UHC) bagi semua penduduknya setelah terdaftar sesuai prosedur” jelas Wabup. (RNM/ANews)



Tulis Komentar