Daerah

BMKG Catat, Hari ini Hujan Disertai Petir Masih Berpotensi di Wilayah Riau

ilustrasi

PEKANBARU (ANews) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Riau, Kamis (16/11/2023). Disampaikan, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi di wilayah setempat.

Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna, mengatakan bahwa hujan sudah mengguyur Riau pada pagi hari dan akan kembali mengguyur Riau sore hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja. Pada pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis dan juga Rokan Hilir," ucapnya.

Kemudian, kata dia, Siang hari cuaca cerah Berawan, tak ada potensi hujan. Sore hingga malam hari potensi hujan terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau.

Sementara, dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Pelalawan.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," ucapnya.

Dijelaskan, potensi tersebut terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Bengkalis, Rokan Hulu, Indragiri Hulu. Lalu di Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, Pelalawan dan Siak pada sore, malam, atau dini hari.

Lebih lanjut disampaikan, Suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0 – 32.0 °C dengan kelembapan Udara 58 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Timur – Selatan dengan kecepatan 10 – 30 Km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 – 0.50 meter," tukasnya. (*/rls) 



Tulis Komentar