Daerah

PLTA Koto Panjang Buka 3 Pintu Waduk Setinggi 40 Cm, Masyarakat Diimbau Waspada

Waduk PLTA Koto Panjang. (F:int-ANews)

PEKANBARU (ANews) - Manajemen Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau membuka tiga pintu waduk setinggi 40 cm, Jumat (24/11/2023) siang ini pukul 14.00 WIB.

Hal tersebut dibenarkan dibenarkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Jumat (24/11/2023).

"Iya benar, kita sudah mendapat laporan bahwa PLTA buka tiga pintu waduk setinggi 40 centi menter (Cm)," kata Edy Afrizal.

Dikatakan, pembukaan tiga pintu waduk PLTA Koto Panjang karena tingginya hujan di area waduk dan adanya kenaikan inflow waduk yang menyebabkan kenaikan elevasi cukup signifikan.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, dengan dibukanya pintu waduk, maka diperkirakan akan terjadi kenaikan permukaan sungai Kampar setinggi 20-30 cm," ujarnya.

Karena itu, Edy Afrizal meminta kepada masyarakat khususnya yang tinggal di sepanjang aliran sungai Kampar untuk waspada jika ada pemberitahuan pembukaan pintu waduk.

"Kami juga sudah koordinasi dengan BPBD Kampar untuk siaga jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal tak diinginkan akibat dampak pembukaan pintu waduk. BPBD Kampar juga sudah menginformasikan kondisi terkini PLTA Koto Panjang ke Camat agar dapat menginfokan ke desa yang dekat dengan aliran sungai Kampar," tutupnya. (*/ANews)



Tulis Komentar