Daerah

Tim DOB Kualupura Rapat Persiapan Kunjungan Tim Balegnas DPR RI ke Kuansing

Tim Pembentukan Daerah Otonomi Baru Kualupura menggelar rapat persiapan kedatangan Tim Balegnas DPR RI ke Kuansing selama 3 hari Rabu-Jum'at (6-8/12/2023) yang bertempat di Pekanbaru. (F:ist-ANews)

PEKANBARU (ANews) - Tim Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kualupura menggelar rapat persiapan kunjungan 3 hari Tim Balegnas DPR RI ke Kuansing, yang berlangsung di ruang VIP Young Bengkalis Cafe, Pekanbaru, Ahad (3/12/2023). Kunjungan ini merupakan kunjungan ke -2 tim Balegnas ke Riau. 

Rapat persiapan dipimpin oleh Ketua Badan Pembentukan Pendirian Kabupaten Kuantanhulu Pucukrantau (BP PKKP) H.Syarianto beserta Tim Kerja BP PKKP antara lain: R. Bastian Rusli, Arman Lingga Wisnu, Joyosman, Ahmad Hery, Hendra Zainir, Fikri Idris dan Jefrianto.

Rapat dibuka oleh Sekretaris BP-PKKP Fikri Idris. Suasana rapat berlangsung hangat, kebersamaan dan kekeluargaan karena membicarakan detil persiapan kedatangan Tim  Balegnas DPR RI dari Jakarta sebanyak 9 orang yang akan berlangsung selama 3 hari, Rabu-Jum'at (6-8/12/2023).

"Berdasarkan surat pemberitahuan kedatangan Tim Balegnas DPR RI ke Kuansing tertanggal 28 November yang ditujukan kepada Bupati Kuantan Singingi dan Ketua DPRD Kabupaten Kuansing, maka kami dari Tim Pembentukan DOB Kualuputa menggelar rapat persiapan sehubungan dengan kunjungan tim Balegnas tersebut," ujar Syarianto menjawab AmanahNews.com Ahad (3/12/2023) usai rapat persiapan tim.

Menurutnya, dalam pembentukan kabupaten baru ini, Tim DOB Kualupura berkomitmen untuk tetap melakukan pendampingan dan terus mengikuti perkembangan prosesnya hingga kabupaten Kualupura benar-benar bisa terwujud.

Suasana rapat yang berlangsung hangat dan penuh dengan rasa kebersamaan. (F:ist-ANews)

"Kita benar-benar mempersiapkan segalanya, saat kedatangan Tim Balegnas nanti, kami telah merancang persiapan mulai menjemput Tim Balegnas di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru hingga menuju Kuansing dan juga turut mendampingi Tim Balegnas melakukan audiensi dengan Bupati Kuansing dan Ketua DPRD Kuansing," ungkap Syarianto yang juga mengingatkan kunjungan pertama Tim Balegnas sebelumnya diadakan di tiga tempat yaitu audiensi dengan Gubernur Riau, Ketua DPRD Riau dan civitas akademik Universitas Lancang Kuning.

Syarianto juga menekankan bahwa pembentukan Kabupaten Kualupura ini harus benar-benar dapat terwujud dan sangat dinantikan oleh masyarakat di empat kecamatan yaitu kecamatan Kuantan Mudik, Hulu Kuantan, Gunung Toar dan Pucuk Rantau.

"Ini adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang sudah menuntut agar terjadinya pemekaran di Kabupaten Kuansing", sambungnya.

Syarianto menambahkan, tim akan berusaha dan bekerja dengan sekuat tenaga untuk dapat menjadikan DOB Kuantanhulu Pucukrantau dan melihatkan potensi daerah yang memang layak untuk dimekarkan menjadi kabupaten baru.

Peta wilayah Kerajaan Kandis yang bersumber dari Wikipedia. (F:int-ANews) 

Tidak hanya banyak lokasi wisata, terangnya di wilayah ini juga terdapat sumber daya alam seperti emas yang bisa diandalkan oleh masyarakat setempat. Selain itu ditilik dari sejarah masa lampau, di wilayah Kualupura ini terdapat situs kerajaan Kandis yang ada di daerah Lubuk Jambi ibukota Kuantan Mudik.

"Dari jejak sejarah, daerah ini dulunya adalah wilayah dari Kerajaan Kandis yang merupakan kerajaan tertua ke-3 di Indonesia dan kerajaan pertama tertua di Sumatera yang telah berdiri pada abad ke 1 sebelum masehi dan situs kerajaannya ada di daerah Lubuk Jambi ibukota Kuantan Mudik," tukas Syarianto. (HRZ/ANews)

 



Tulis Komentar