Daerah

Empat Warga Riau Tewas dan 3 Terluka Akibat Erupsi Marapi, Berikut Daftarnya

Situasi di Instalasi Kedokteran Forensik dan Medikolegal tempat pelayanan pasien yang dinyatakan meninggal / jenazah. (F:int-ANews)

PEKANBARU (ANews) - Informasi terakhir, sebanyak 4 orang warga Riau tewas dan 3 lainnya terluka akibat erupsi Gunung Marapi Sumatera Barat yang terjadi Ahad (3/12/2023) lalu.

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Provinsi Riau Rozita menyampaikan jenazah Ilham Nanda Bintang (21) sudah terindentifikasi oleh rumah sakit. Jasad Ilham telah dimandikan lalu dipulangkan ke Pekanbaru.

Ilham merupakan warga Riau yang menjadi korban terakhir erupsi Gunung Marapi di Bukittinggi Sumatera Barat. Total warga Riau yang meninggal sebanyak 4 orang pendaki.

"Jenazah Ilham Nanda Bintang telah diberangkatkan menuju Pekanbaru," ujar Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Provinsi Riau Rozita dikutip dari lama Media Center Riau, Rabu (6/12/2023).

Rozita menyebutkan jumlah warga Riau sebagai pendaki Gunung Marapi yang meninggal dunia sebanyak 4 orang dari total 29 orang. Namun, masih ada 3 orang pendaki yang dirawat intensif di RSUD Dr Achmad Mochtar dan RSUD Padang.

"Dengan demikian tuntas 29 orang pendaki asal Riau telah ditemukan semuanya. Dari jumlah itu, terdapat 22 orang pulang dengan selamat, 3 dirawat dan masa pemulihan serta 4 meninggal dunia," kata ketika dihubungi tim Media Center Riau.

Ilham Nanda Bintang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum jurusan Ilmu Hukum di Universitas Islam Riau. Selain Ilham, ada 2 mahasiswa UIR lainnya yang meninggal di Gunung Marapi.

Keduanya yaitu Muhammad Adan (21) mahasiswa Fakultas Hukum, dan Nazatra Adzin Mufadhal (22), fakultas Ilmu Keguruan.

"Tiga orang masih dirawat, yakni Aditya Sukirno Putra (21) mahasiswa UIR Pekanbaru, M Ridho Kurniawan pekerja katering serta M Arbi Muharman (22) mahasiswa Unri (Universitas Riau)," kata Rozita.

Rozita menjelaskan, untuk Aditya Sukirno Putra warga Pekanbaru saat ini masih dirawat di RS Dr Achmad Mochtar perawatan bedah. Kondisi Aditya dengan mengalami luka bakar pada kaki sebelah kanan dan bokong serta pergelangan tangan kiri.

Lalu M Ridho Kurniawan alamat Pekanbaru masih perawatan Intensif di UGD RSUD Dr. Achmad Mochtar dengan kondisi kaki sebelah kiri tidak bisa digerakkan dan sementara pasang spalk. Lutut sebelah kiri luka bakar dan lecet dan terpasang verband, tangan sebelah kanan luka bakar.

Kemudian Muhammad Arbi Muharman warga Pekanbaru mahasiswa jurusan Olahraga Semester 7, saat ini masih perawatan intensif di UGD RS Dr. Achmad Mochtar.

Kondisi Arbi Muharman mengalami sejumlah luka serius, yakni luka bakar di pinggang sebelah kanan, tangan sebelah kanan tidak bisa digerakkan dan pasang spalk, tangan sebelah kiri luka bakar, paha dan kaki sebelah kanan juga terdapat luka bakar, paha sampai kaki luka bakar dan luka gores dan kondisi korban masih syok.

Sementara itu, pihak Kampus Universitas Islam Riau, menyatakan ada 4 mahasiswanya yang menjadi korban erupsi Gunung Marapi Sumbar. 3 di antaranya meninggal dunia dan 1 selamat dalam kondisi luka-luka.

"Ada 4 mahasiswa UIR menjadi korban erupsi Gunung Marapi, yaitu Nazatra Adzin Mufadhal, Ilham Nanda Bintang, Muhammad Adan serta Aditya Sukirno Putra," ujar Kabag Humas Kampus UIR, Harry Setiawan.

Harry menyebutkan, untuk 3 orang mahasiswa UIR yang meninggal dunia yaitu M Adan, Nazatra Adzin Mufadhal, serta Ilham Nanda Bintang. Mereka merupakan warga Kota Pekanbaru.

"Sedangkan Aditya Sukirno Putra ditemukan selamat dan masih dalam perawatan," katanya.

Nazatra Adzin Mufadhal merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ilham jurusan Ilmu Hukum M Adan juga Ilmu Hukum serta Aditya jurusan Ilmu Pemerintahan.

Berikut daftar pendaki yang berasal Riau yaitu:

1. Elika Maharani

2. Dewi Anggraini

3. Naomi Joana Simanjuntak

4. Sri Wahyuni

5. Benget Hasiholan Maremare

6. Lolita Veronica

7. Diyah Surya Purnama Sari

8. Syaiful Anwar

9. Ahmad Albar

10. Lidia Fatmasari

11. Brima Danu

12. Ikhwanudin

13. Firnando Situmorang

14. Iqbal

15. Jeni

16. Toni Alifian

17. Al Fajri

18. Selastri Anggini

19. Nur Rizki

20. Nazatra Adzin Mufadhal (meninggal dunia)

21. M. Wilki Saputra (meninggal dunia)

22. M. Ridho Kurniawan

23. Ilham Nanda Bintang (meninggal dunia)

24. M. Adan (meninggal dunia)

25. Aditya Sukirno Putra

26. M. Arbi Muharman

27. M. Alif

28. Lingga Duta Andrefa

29. M. Faith Ewaldo



Tulis Komentar