Daerah

Cerah Berawan, Warha Diimbau Tetap Waspadai Hujan di Sejumlah Kabupaten

ilustrasi

PEKANBARU (ANews) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Riau, dari pagi hingga malam hari Jum'at (8/12/2023) kondisi cuaca diperkirakan cerah berawan hingga berawan.

Provinsi Riau diperkirakan akan mengalami cuaca yang bervariasi. Warga perlu mewaspadai potensi hujan ringan hingga sedang di beberapa kabupaten.

"Sore hingga malam hari, beberapa wilayah seperti Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Pelalawan, Kota Pekanbaru, dan Kabupaten Siak berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," kata, Forecaster On Duty BMKG Pekanbaru, Bibin S.

Dikatakan dia, BMKG juga telah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, dan Indragiri Hulu pada sore atau malam hari.

Lebih lanjut disampaikan dia, suhu udara di wilayah Riau diperkirakan berkisar antara 22.0 – 33.0 °C dengan kelembapan udara 60 – 99%. Angin yang berhembus dari arah Barat Daya ke Barat Laut dengan kecepatan 10 - 30 Km/jam juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan, terutama bagi aktivitas luar ruangan dan pelayaran.

"Prakiraan gelombang laut di perairan Provinsi Riau relatif tenang dengan tinggi gelombang berkisar antara 0.01 – 0.50 meter," ucapnya.

Sementara, pantuan titik panas (hotspot) di wilayah Sumatra, terdapat 16 hotspot yang tersebar di sejumlah wilayah. Di provinsi Lampung, Bangka Belitung, dan Sumatera Selatan masing-masing memiliki 2 titik panas. Sementara di Sumatera Barat 10 titik. (*/ANews) 



Tulis Komentar