Pendidikan

Gelar Wisuda X, Rektor UNIKS : Terus Tingkatkan Pengetahuan dan Jaga Moralitas

Wisuda X Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) Tahun Akademik 2023-2024 yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna (GSG) UNIKS, Selasa (12/12/2023). (F:ist-ANews)

TELUKKUANTAN (ANews) - Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) menggelar Wisuda X Tahun Akademik 2023-2024 di Gedung Serba Guna (GSG) UNIKS pada, Selasa (12/12/2023).

UNIKS mewisuda lulusan Sarjana (S1) sebanyak 247 orang mahasiswa dari 4 Fakultas dan 12 Program Studi. Mahasiswa lulusan Fakultas Pertanian berjumlah 50 orang, lulusan Fakultas Teknik 51 orang, lulusan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan berjumlah 48 orang, lulusan Fakultas Ilmu Sosial berjumlah 98 orang.

Turut hadir dalam acara Wisuda Sarjana UNIKS X Bupati Kuantan Singingi yang diwakilkan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kuansing dr.H. Fahdiansyah. Sp.OG, dan Kadispora Kuansing  H.Doni Aprialdi, SH, MH. Kepala Layanan Lembaga Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau Afdhalisma. SH., M.Pd, Wakil Koordinator Perguruan Tinggi Islam Swasta (KOPERTAIS) Wilayah XII Riau dan Kepulauan Riau, Prof. Dr. H. Munzir Hitami, MA, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Kuantan Singingi, Dr. H. Zulfan Sa'am beserta undangan lainnya.

Para wisudawan/wisudawati. (F:ist-ANews)

Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes, mengucapkan selamat dan sukses kepada wisudawan/wisudawati. "Pencapaian saudara/saudari adalah bukti kerja keras, ketekunan dan dedikasi yang tentunya tidak terlepas dari tingginya motivasi, fighting spirit, doa orang tua, dan dukungan dari banyak pihak yang terlibat, telah banyak pengorbanan materi, waktu, tenaga, tetesan keringat  dan bahkan air mata yang sudah dikeluarkan untuk mencapai sukses di hari wisuda yang istimewa ini, ucapnya.

Kemudian dia melanjutkan, "Teruslah meningkatkan pengetahuan dan jaga moralitas dalam kehidupan bermasyarakat. Saya mengharapkan lulusan UNIKS ini dapat berperanan aktif bukan saja sebagai "agent of knowledge" melainkan juga sebagai "agent of morality". Sebab tanpa moralitas, penguasaan pengetahuan menjadi sesuatu yang kurang berguna bagi kehidupan. Seorang sarjana  yang dianggap orang yang pandai, berilmu, terdidik dan terpelajar harus terus-menerus mengembangkan diri dan memperkuat perilaku kesarjanaannya dan membentuk integritas kesarjanaan," jelas Nopriadi.

Sejumlah tamu undangan dan para tokoh yang hadir. (F:ist-ANews)

Dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045, Rektor UNIKS percaya bahwa para mahasiswa yang lulus saat ini akan menjadi pemimpin masa depan dan mengemban peranan penting, baik di bidang sosial, ekonomi dan inovasi, IT, teknik, ekologi, administrasi negara, penegakan hukum, keagamaan dan lain sebagainya.

Sementara itu Prof.Dr.H. Munzir Hitami. MA mengatakan "Semoga UNIKS dapat menghasilkan alumni- alumni yang berkualitas dan mengupayakan setiap lulusan dapat berpartisipasi dalam meningkatkan kecerdasan bangsa dan negara dimasa depan" pungkasnya.

Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes. (F:ist-ANews)

Kepala LLDIKTI Wil X Afdhalisma, SH.,M.Pd juga mengatakan "LLDIKTI Wil X sangat memberikan Apresiasi yang tinggi kepada UNIKS yang selalu mengutamakan kualitas dan mutu pendidikan, banyak prestasi yang sudah diraih, Oleh karena itu UNIKS harus terus melakukan transformasi standar nasional dan akreditasi pendidikan tinggi hal ini memiliki peran penting sebagai pendorong persiapan perguruan tinggi dan Penjaminan Mutu perguruan tinggi, serta lebih fokus dalam peningkatan Tridharma Perguruan Tinggi" tambahannya

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Kuantan Singingi, Dr. H. Zulfan Sa'am memberikan motivasi dan saran kepada para wisudawan/wati untuk tetap bersinergi dan melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yakni S2, beliau juga mendoakan kepada Wisudawan/Wati semoga mendapatkan pekerjaan yang baik, dan dapat membanggakan Almamater UNIKS.

Suasana wisuda X UNIKS berlangsung dengan hikmat. (:ist-ANews)

Bupati Kuantan Singingi melalui Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kuansing Dr.H. Fahdiansyah. Sp.,OG mengatakan Pemerintah Kuansing siap memberikan Kontribusi kepada UNIKS, menganggap UNIKS merupakan aset daerah, kekayaan daerah dan yg memiliki peranan penting dalam kemajuan Kuansing kedepannya.

"UNIKS merupakan satu-satunya Universitas yang ada di Kuansing, oleh karena itu seluruh kita dan elemen yang terlibat dan seluruhnya masyarakat Kuansing untuk bahu membahu membangun UNIKS unggul ditahun 2034. Dengan memberikan lulusan yang berkualitas yang mempunyai tanggung jawab di masa depan, Pemerintah memberikan kontribusi dan kami berharap silaturahmi dan kontribusi ini terus terlaksana untuk kemajuan Kuansing kedepannya serta dapat menjadi modal untuk nanti berfitrah didunia luar. Mengenai usulan Pak Rektor UNIKS terkait akses aspal jalan ke UNIKS akan kami sampaikan kepada Bapak Bupati Kuantan Singingi dan akan kami usulkan sesuai  mekanisme yang berlaku,"tutupnya. (*/ANews)



Tulis Komentar