Daerah

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Terkait Hujan yang Disertai Angin Kencang

ilustrasi

PEKANBARU (ANews) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Riau, Ahad (17/12/2023). Disebutkan, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur di wilayah setempat.

Hujan telah mengguyur Riau sejak pagi hari dan diperkirakan akan berlangsung hingga dini hari. Kemudian, hujan bersifat tidak merata dan hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," kata Forecaster on Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Bibin Sulianto.

Disampaikan dia, pada pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Kepulauan Meranti, Bengkalis, Siak, dan Pelalawan.

Lalu, pada siang hingga sore hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kota Dumai, Bengkalis, Rokan Hulu, Kampar, Kota Pekanbaru, Siak, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan, Kuantan Singingi.

"Sore hingga malam hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan akan terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau. Sementara, pada dini hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan akan terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan dia, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Peringatan ini, kata dia, berlaku untuk sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Pelalawan, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Bengkalis, Kampar, dan Siak pada siang, sore, malam, dan dini hari.

"Suhu udara di Riau hari ini berada di kisaran 22.0 – 32.0 °C dengan kelembapan udara 60 – 99 %. Sementara itu, arah angin berhembus dari Barat ke Utara dengan kecepatan 10 - 30 km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 – 0.50 m, yang menandakan kondisi laut yang tenang," tandasnya. (*/ANews). 



Tulis Komentar