Daerah

1 Januari 2024 Suntik Vaksin Covid-19 Berbayar, Harga Capai Ratusan Ribu Rupiah

ilustrasi

PEKANBARU (ANews) - Pemerintah akan menghentikan vaksinasi Covid-19 gratis mulai 1 Januari 2024. Hal ini seiring dengan penurunan penularan virus Corona di Kota Pekanbaru.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih, menyatakan bahwa saat ini Diskes Pekanbaru masih memberikan layanan vaksinasi gratis untuk warga.

Fasilitas kesehatan pemerintah, termasuk Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani, tetap menjadi akses untuk mendapatkan vaksinasi.

"Vaksinasi Covid-19 sampai hari ini masih kita layani bagi masyarakat. Hingga 31 Desember 2023, vaksinasi masih diberikan secara gratis. Tetapi, mulai tahun depan sudah tidak lagi," ujarnya, Senin (18/12/2023).

Menurutnya, meskipun vaksinasi tidak lagi gratis, masyarakat tetap bisa mendapatkan layanan tersebut. Hanya saja, pembayaran akan dibebankan kepada masyarakat.

"Jadi (biaya) dibebankan kepada masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, menurutnya saat ini penularan Covid-19 di Kota Pekanbaru sudah sangat landai. Meskipun sebelumnya, sempat dinyatakan satu pasien terpapar Covid-19, namun kondisi pasien dalam keadaan baik dan sedang menjalani isolasi mandiri.

"Ada kemarin memang satu orang. Sudah kita lakukan pelayanan dan pasien ini sedang menjalani isolasi. Setelah itu, kita tidak ada penambahan kasus lagi," pungkasnya.

Sebelumnya Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksin Covid-19 sampai saat ini masih gratis untuk masyarakat umum sampai akhir tahun 2023.

“  Vaksin Covid-19 masih tersedia secara gratis untuk seluruh masyarakat di tiap-tiap puskesmas sampai akhir tahun 2023 ini,” kata Budi Gunadi Sadiki di Jakarta, Ahad (17/12/2023).

Pemberian vaksin ini untuk menghindari lonjakan kasus Covid-19 akhir-akhir ini, walaupun kasus di Indonesia masih tergolong terkendali.

“ Pemberian vaksin untuk melindungi dari tertularnya Covid-19, terutama para lansia diatas 60 tahun dan masyarakat yang mempunyai komorbid yang sangat rentan terinfeksi Covid-19,” ujarnya.

Vaksinasi Covid-19 akan tetap gratis di tahun 2024, akan tetapi program vaksinasi gratis tersebut hanya dikhususkan untuk masyarakat yang kurang mampu dan mengikuti program Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari BPJS.

“ Kita tetap akan memberikannya gratis untuk masyarakat kurang mampu yang mengikuti program PBI dari BPJS,” kata Budi.

Masyarakat yang tidak akan tergabung program PBI dari BPJS Kesehatan, akan dikenakan biaya mulai tahun 2024.

“ Nominal  per vaksin harga vaksinasi Covid-19 bisa mencapai ratusan ribu rupiah, tapi itu tidak semahal vaksin HPV, ratusan ribu untuk 6 bulan sekali,” katanya. (*/ANews)



Tulis Komentar