Daerah

Jadi Inspektur Upacara Bela Negara 2023, Gubri: Momentum Bersatu Demi Indonesia Maju

Gubernur Riau Gubri Edy Natar Nasution menjadi inspektur upacara Hari Bela Negara 2023 sedangkan Kesbangpol Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting bertugas sebagai perwira upacara. (F:Int-ANews)

PEKANBARU (ANews) - Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar Nasution menjadi inspektur pada upacara Bela Negara 2023 di Halaman Kantor Gubernur Riau, Selasa (19/12/2023). Adapun tema yang diambil pada peringatan Bela Negara tahun ini yakni "Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju".  

Gubri mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air. Ini merupakan momentum bagi masyarakat untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia Maju yang dicita-citakan.

Dalam amanatnya, yang sekaligus menjadi arahan Presiden Ri, Joko Widodo (Jokowi), Gubri Edy Natar mengatakan bela negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer saja, tetapi lebih luas lagi, yakni merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, ia menegaskan bahwa semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen Masyarakat.

"Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Gubri Edy Natar.

Setiap tindakan sekecil apapun, sebutnya, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkret bela negara.

"Peringatan Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023 ini, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air," ujarnya.

Tantangan ke depan, kata Gubri Edy Natar, semakin tidak terduga, Indonesia bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata, seperti pandemi, konflik global, revolusi, teknologi hingga krisis iklim telah membawa dampak dan resiko ketahanan negara.

"Kita harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu," ucap Gubri Edy Natar.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting mengatakan bahwa upacara peringatan Hari Bela Negara setiap tanggal 19 Desember wajib dilaksanakan oleh seluruh kabupaten/kota maupun provinsi, dalam rangka memupuk rasa cinta tanah air, persatuan, dan kesatuan.

"Upacara peringatan Hari Bela Negara ini wajib dilaksanakan oleh seluruh kabupaten/kota maupun provinsi, dalam rangka kita memupuk rasa cinta tanah air, rasa persatuan, dan kesatuan diantara kita," ujar Jenri.

Berkaitan dengan tahun politik, Jenri berharap tahapan demi tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar di Indonesia khususnya di Riau, sehingga Bumi Melayu Negeri Lancang Kuning senantiasa damai dan kemokratis.

Hal tersebut, kata Jenri, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, bahwa setiap tindakan sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkret bela negara.

"Kita sekarang sudah menjalankan tahapan-tahapan Pemilu 2024, mari kita bersama-sama melaksanakan tahapan-tahapan Pemilu itu supaya demokrasi berjalan dengan baik, serta kita harapkan Riau damai, demokratis, dan terpilih pemimpin yang nantinya baik, jujur, amah, untuk masyarakat, nusa dan bangsa," tukas Jenri. (*/ANews)

 

 



Tulis Komentar