Infrastruktur Rusak

Jalan Kabupaten Akses Sumpur Kudus - Sijunjung Putus Total, Pemkab Sijunjung Diminta Turun Tangan

Badan jalan kabupaten di Sumpur Kudus yang amblas dan berongga yang menyebabkan akses transportasi putus total sejak Senin (1/1). Ft.Ist-Grup WA Sumpur Kudus

SUMPUR KUDUS (ANews) - Jalan Kabupaten yang menjadi akses utama Sumpur Kudus - Kumanis - Sijunjung kini putus total karena badan jalan sepanjang 20 meter amblas.

Jalan ini sangat vital karena menghubungkan 5 nagari di Kecamatan Sumpur Kudus ke kecamatan di Kumanis dan akses ke kota kabupaten di Muaro Sijunjung. Lima nagari yang kerap disebut sebagai Nagari Se-aliran Batang Sumpur yang mengandalkan akses jalan via rute ini adalah masyarakat dari Nagari Unggan, Silantai, Sumpur Kudus, Sumpur Kudus Selatan dan Manganti.

“Hujan deras yang saban hari mengguyur kawasan Sumpur Kudus sekitarnya sejak sepekan belakangan menyebabkan tanah di sisi badan jalan amblas. Badan jalan yang sudah disemenisasi tampak menggantung karena tanah di bagian bawah terban menyisakan rongga yang sangat dalam,” ungkap sejumlah pengendara yang terjebak di jalan yang putus tersebut, Senin malam (1/1).

Disebutkan, beberapa kendaraan barang yang membawa hasil bumi dari 5 nagari se-aliran Batang Sumpur yang terjebak di lokasi jalan yang amblas terpaksa memindahkan barang bawaan secara langsiran.

Sedangkan bagi kendaraan roda dua, mobil penumpang dan kendaraan barang lain kini terpaksa memutar melalui jalan kabupaten lama rute Sumpur Kudus via Jorong Sipuah yang jarak tempuhnya lebih lama sekitar satu jam dari rute jalan yang terban.

Karena akses melalui jalan kabupaten yang amblas lebih pendek dan selama ini menjadi akses utama baik dari Sumpur Kudus maupun dari kota kecamatan di Kumanis, masyarakat mendesak agar pihak Dinas PU Kabupaten Sijunjung diminta segera turun ke lokasi jalan amblas sehingga bisa cepat ditangani.

Bupati Sijunjung Benny Dwipa Yuswir yang dihubungi Redaksi AmanahNews via telepon Senin sore, mengaku, belum mendapat laporan adanya jalan kabupaten di Sumpur Kudus yang amblas dan memutus jalur transportasi darat di kawasan ini.

“Saya berterima kasih sudah menyampaikan informasi adanya jalan kabupaten yang putus total di Sumpur Kudus. Saya segera meminta aparat teknis turun ke lokasi dan melakukan penanganan darurat. Sehingga akses transportasi masyarakat Sumpur Kudus segera pulih dan tidak berlarut,” tegas Bupati Benny D Yuswir. (ZET)



Tulis Komentar