Daerah

Kuantan Training dan Consulting Adakan Psikotes bagi 189 Siswa di SMAN 1 Kuantan Mudik Kuansing

Siswa kelas 12 SMAN 1 Kuantan Mudik Kuansing yang berjumlah 189 orang Kuantan Training dan Consulting mendapatkan pengetahuan dan pemahaman psikotes dari PT. Kuantan Training & Consulting. Kamis (22/2/2024). (F:ist-ANews)

KUANTAN SINGINGI (ANews) - SMAN 1 Kuantan Mudik bekerjasama dengan PT. Kuantan Training & Consulting yang berpusat di Pekanbaru mengadakan kegiatan psikotes untuk seluruh siswa kelas 12 yang berjumlah 189 orang di SMAN1 Kuantan Mudik, Kamis (22/2/2024).

Kegitaan yang diselengarakan konsultan di bidang pelatihan, seminar, workshop, Psikotes serta pengembangan diri dan SDM ini bertujuan untuk membantu orang tua dalam menggali potensi diri serta bakat dan minat anak yang tidak lama lagi akan melanjutkan kuliah ke jenjang perguruan tinggi, terutama dalam hal penentuan jurusan yang akan diambil nanti.  

Menurut keterangan Direktur PT. Kuantan Training  & Consulting  Dr. Fikri, S.Psi. M.Si dan juga selaku dosen di Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau mengatakan kegiatan ini sangat membantu sekolah, siswa dan orangtua dalam mengenali potensi diri dan bakat minat dari siswa.

"Seharusnya semua sekolah di Kuansing melaksanakan kegiatan ini disekolahnya agar siswa siswi kita tidak bingung lagi memilih jurusan nanti saat memasuki perguruan tinggi dan tidak ikut-ikutan temannya,"ungkapnya.

"Karena dari dari awal sudah dilakukan tes psikologi. Diharapkan dengan kegiatan ini siswa dapat mengenali diri dan percaya diri dengan kemampuan dan potensi dirinya,"tambah Fikri.

Sementara itu Kepala sekolah  SMA N 1 Kuantan  Mudik Hadi Ibrahim S.Pd., M.Pd. menyambut baik kegiatan psikotes ini karena sangat membantu siswa dalam menentukan jurusan nanti di perguruan tinggi.

"Selain itu membantu orang tua dalam memahami anaknya untuk melanjutkan studi ke tingkat lebih lanjut yaitu Perguruan Tinggi,"  ujarnya seraya menambahkan psikotes ini dilakukan untuk seluruh siswa dan siswi kelas 12 yang terdiri dari kelas IPA dan IPS.

Wakil kepala sekolah bagian kurikulum Drs. Andre menyatakan sangat senang dilaksanakan kegiatan ini karena sangat membantu siswa. Dan ke depan akan direncanakan kembali kegiatan yang serupa untuk kelas 10.

"Agar dipetakan lebih awal kemampuan dan potensi siswa dalam pemilihan jurusan dan pengembangan siswa SMAN 1 Kuantan mudik, sehingga siswa dapat mengembangkan dirinya lebih baik," imbuhnya. (HRZ/ANews))



Tulis Komentar