Daerah

Berikan Bibit Tanaman, PT EMP Tunas Energi Berharap Desa Buluh Nipis Jadi Kampung Durian

Manajemen PT EMP Tunas Energi bersama kepala desa dan BPD Buluh Nipis, Bhabinsa dan Bhabinkantibmas Desa Buluh Nipis serta tokoh masyarakat melakukan penanaman pohon produktif di Madrasah Aliyah (MA) Babunnajah Desa Buluh Nipis, Senin (3/3/2024).

SIAK HULU (A/News) - PT EMP Tunas Energi kembali melakukan kegiatan penghijauan berupa penanaman pohon tahap produktif di Desa Buluh Nipis Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin (3/6/2024).

 

Acara dilaksanakan di Kantor Desa Buluh Nipis. Terlihat hadir Kepala Desa Buluh Nipis Zamris, Penyuluh Pertanian Desa Pangkalan Baru, Hadi Harsono, Datuk Maha Raja Besar Suardi, BPD Buluh Nipis Andrian, Bhabinsa dan Bhabinkantibmas Buluh Nipis serta sejumlah tokoh masyarakat setempat. Dari manajemen EMP dihadiri CSR Officer, Ismulyadi.

Ismulyadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa EMP memiliki program yang berkaitan dengan penilaian kinerja pengelolaan lingkungan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Di mana salah satu program tersebut adalah melakukan penghijaun di sekitar daerah operasi perusahaan.

Dengan demikian, kegiatan penghijauan ini sudah menjadi agenda rutin yang dilakukan baik di internal maupun eksternal wilayah kerja EMP.

Dikatakan Ismulyadi, acara tersebut merupakan kegiatan yang keduakalinya dilakukan perusahaan di Desa Buluh Nipis. Melihat antusiasme masyarakat sebelumnya cukup tinggi, maka kegiatan serupa kembali dilakukan.

“Pada kegiatan pertama akhir Oktober tahun lalu, kami melihat antusias masyarakat yang ikut kegiatan penanaman pohon ini sangat tinggi. Karena itu kami berharap, dengan dilakukan penanaman pohon produktif seperti durian ini, kami berharap ke depan desa ini akan mendapat julukan sebagai kampong durian,” ujar Ismulyadi.

 

Kepala Desa Buluh Nipis, Zamri S dalam sambutannya mangucapkan terima kasih kepada perusahaan yang peduli dengan penghijauan dan pelestarian alam. Pihaknya berharap kegiatan tersebut bisa dilakukan secara berkala di tahun-tahun berikutnya.

Selanjutnya dilakukan penyampaian materi terkait tata cara penanaman pohon yang benar. Materi yang disampaikan oleh Hadi Harsono tersebut berisi tentang ukuran lubang tanah, penggalian tanah hingga proses penanaman yang benar.

Usai penyampaian materi, PT EMP Tunas Energi menyerahkan sebanyak 350 tanaman produktif yakni 100 bibit durian, 50 mangga, 50 ketapang kencana, 50 bunga tanjung, 50 kelengkeng dan 50 bibit rambutan. Tananam tersebut diserahkan secara simbolis kepada Kepala Desa Buluh Nipis.

Kemudian dari kantor kepala desa, rombongan berjalan menuju lokasi penanaman pohon di halaman Madrasah Aliyah (MA) Desa Buluh Nipis. Di lokasi ini perwakilan manajemen EMP, Kepala Desa Buluh Nipis, Bhabinkantibmas dan Babinsa Buluh Nipis, Kepala MA Desa Buluh Nipis serta tokoh masyarakat menanam pohon bersama. (HNS/ANews)



Tulis Komentar