Daerah

Jabatan Kades Jadi 8 Tahun, Bupati Suhardiman Amby Lantik 102 Kades di Kuansing

Bupati Kuansing Suhardiman Amby resmi melantik ?102 Kepala Desa (Kades) yang mendapatkan perpanjangan jabatan 2 (dua) tahun, Kamis (27/6/2024). (F:RBI/ANews).

TELUK KUANTAN (ANews) - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Suhardiman Amby resmi mengambil sumpah dan melantik sebanyak 102 Kepala Desa (Kades) yang mendapatkan perpanjangan jabatan 2 (dua) tahun.

Acara pengambilan sumpah dan pelantikan juga dihadiri Penjabat (Pj) Sekda Kuansing Fahdiansyah, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Erdiansyah, para camat dan undangan lainnya bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (27/6/2024).

Pelantikan perpanjangan jabatan Kades mengacu kepada surat edaran (SE) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait perihal penegasan tentang perubahan Pasal peralihan terkait Kepala Desa dan Badan Permusyawataran Desa dalam UU Nomor 3 tahun 2024 tentang perubahan kedua UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

Di Kuansing ada 102 kades yang berakhir masa jabatan terhitung Februari-Desember 2024 dimungkinkan dan memenuhi syarat untuk diberikan penambahan masa jabatan sesuai amanat UU nomor 3 tahun 2024 pada Pasal peralihan 118.

Dimana pada poin 2 huruf f terutama terhadap ketentuan dalam Pasal 118 huruf e, Kepala desa yang akhir masa jabatannya (AMJ) terhitung mulai bulan Februari 2024 dapat diperpanjang 2 (dua) tahun.

Kemudian Pasal 118 huruf e ini berlaku untuk Kepala desa yang akhir masa jabatannya pada Februari, Maret sampai dengan 24 April 2024.

Bupati Kuansing Suhardiman Amby dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada kades yang mendapatkan bonus perpanjangan jabatan dua tahun.

Para kades yang dilantik ini kata Bupati sudah berdasarkan hasil evaluasi dan kajian pemerintah daerah sehingga bisa dilakukan perpanjangan dua tahun. "Hasil evaluasi dan kajian ada 102 kades yang diperpanjang 2 tahun," kata Bupati.

Bupati berharap para kades yang dilantik ini bisa mengabdi untuk masyarakat di desa. Karena para kades ini yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. (RBI/ANews)



Tulis Komentar