Daerah

Gelar Audiensi dengan Masyarakat Gunung, Bupati Suhardiman Amby Buka Pacu Jalur di Tepian Datuak Bandaro

Bupati Suhardiman Amby saat menghadiri acara audiensi dengan masyarakat Desa Gunung sekaligus membuka pacu jalur di Tepian Datuak Bandaro, Desa Gunung, Selasa (9/6/2024) malam. (F:RBI/ANews)

TELUK KUANTAN (ANews) - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Suhardiman Amby menggelar audiensi dengan masyarakat Desa Gunung, Kecamatan Gunung Toar, Selasa (9/7/2024) malam. 

Acara audiensi tersebut dipusatkan di Pasar Gunung. Bupati Suhardiman Amby juga secara resmi membuka Pacu Jalur Ajang Uji Coba yang kini menjadi even pacu jalur yang disponsori Pemerintah Provinsi Riau. 

Pacu jalur ajang ujicoba tersebut dibantu Pemerintah Provinsi Riau yang digelar di Tepian Datuak Bandaro, Desa Gunung. Pacu jalur ini akan berlangsung selama tiga hari mulai Rabu - Jumat (10-12/7/2024). 

Jumlah jalur yang ikut pada tahun ini membludak mencapai 87 jalur. Ini menjadikan pacu jalur di Desa Gunung dengan jumlah peserta terbanyak yang telah dimulai sejak 1998 silam.  

"Sejak dimulai tahun 1998 silam, baru kali ini jumlah peserta terbanyak mencapai 87 jalur," ujar anggota DPRD Provinsi Riau, Sardiyono yang juga tokoh masyarakat setempat saat menyampaikan sambutan di hadapan masyarakat pada Selasa malam. 

Bupati Kuansing Suhardiman Amby dalam sambutannya mengatakan jadikan pacu jalur ini selain sebagai ajang perlombaan juga ajang mengikat tali persaudaraan dan persahabatan antar sesama masyarakat. 

"Besok (Rabu, red) akan berlaga sebanyak 87 jalur, ini menandakan Gunung Toar semakin hebat," ujar Bupati Suhardiman Amby dihadapan masyarakat yang memadati lokasi acara di Pasar Gunung, Selasa malam. 

Pada kesempatan tersebut Bupati Suhardiman Amby juga didaulat oleh masyarakat meresmikan nama Tepian tempat pacu jalur di Desa Gunung menjadi Tepian Datuak Bandaro. 

Dulunya Tepian ini dinamakan Tepian Teluk Bayur. Dan dua tahun terakhir nama tepian tempat pacu jalur di desa Gunung berubah nama menjadi tepian Datuak Bandaro. (RBI/ANews)



Tulis Komentar