Daerah

Deklarasi Pilkada Damai, Bawaslu Kuansing Ajak Masyarakat Aktif Awasi Pilkada 2024

Ketua Bawaslu Kuansing Mardius Adi Saputra lepas peserta pawai deklarasi Pilkada damai 2024. (F:RBI/ANews)

TELUK KUANTAN (ANews) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kuantan Singingi (Kuansing) menggelar jalan sehat dalam rangka Deklarasi Pilkada Damai mendukung calon terpilih, Ahad (6/10/2024). 

Kegiatan jalan santai tersebut diadakan di lapangan Limuno Teluk Kuantan yang diikuti dan diramaikan oleh masyarakat dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pilkada Damai tahun 2024 di Kuansing.

Ketua Bawaslu Kuansing Mardius Adi Saputra mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawasi tahapan Pilkada. Ia mengatakan keterlibatan masyarakat dalam mengawasi tahapan Pilkada sangat penting untuk memastikan Pilkada berjalan jujur. 

"Mengingat hari ini merupakan hari ke 12 tahapan kampanye, saya mengajak masyarakat untuk terlibat mengawasi seluruh tahapan dan melaporkan jika menemukan dugaan pelanggaran dalam proses pemilihan," kata pria yang akrab disapa Adi ini. 

Adi mengatakan, bahwa Bawaslu Kuansing, Polres Kuansing dan Kejari Kuansing berkomitmen menciptakan Pilkada dengan damai dan aman sehingga situasi setelah pelajsanaan Pilkada bisa kembali normal. 

"Kami ingin memperlihatkan kepada masyarakat bahwa Sentragakkumdu di Kuansing merupakan aparat penegak hukum dalam Pilkada. Kami akan bersikap netral kepada semua calon terpilih, artinya siapapun calonnya ketika ada laporan indikasi dugaan pelanggaran, Sentragakkumdu solid untuk menciptakan Pilkada damai," tegasnya. 

Menurut Adi, kolaborasi Bawaslu Kuansing dengan masyarakat sangat penting dalam melakukan pengawasan setiap tahapan Pilkada. Sehingga perlu komitmen dengan seluruh element masyarakat, Pemerintah Daerah, aparat keamanan dan stakeholder untuk menjaga stabilitas dan memastikan tahapan Pilkada berlangsung dengan baik. 

Dia menambahkan kalau kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyosialisasikan pengawasan partisipatif dan upaya untuk mencegah terjadinya pelanggaran, memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan aman dan damai serta menjadi momentum pemersatu bangsa dalam perbedaan pilihan dan kesamaan tujuan. 

Acara diakhiri dengan pemberian doorprize kepada masyarakat. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Kuansing, Sekda Kuansing, Kapolres Kuansing, Kajari Kuansing, KPU Kuansing, Dandim 0302 Inhu Kuansing, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Panwas Kecamatan se Kuansing, PKD dan seluruh masyarakat kuansing. (RBI/ANews)



Tulis Komentar