Kabupaten Limapuluh Kota

Puskesmas Pakan Rabaa Layani Rawat Inap

Penanda tanganan prasasti peningkatan status layanan Puskesmas Pakan Rabaa oleh Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi. (foto: hms/amanahnews)

LIMAPULUH KOTA - Untuk optimalisasi pelayanan Kesehatan masyarakat, pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota meningkatkan status Puskesmas Pakan Rabaa dari rawat jalan menjadi puskesmas rawat inap.

Hal ini ditandai penandatangan prasasti tanda diresmikannnya pemakaian gedung rawat inap oleh Bupati Limapuluh Kota,  Irfendi Arbi dan peguntingan pita oleh Ketua TP-PKK Limapuluh Kota, Monalisa di puskesmas setempat, Gadut,  Kecamatan Lareh Sago Halaban,  Sabtu (27/7).

"Puskesmas Pakan Rabaa dibangun pada tahun 2009 untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Lalu tahun 2018 pemerintah meningkatkan status rawat jalan menjadi rawat inap hingga hari ini (kemaren,red) kita resmikan pemakainnya,"ujar Bupati Irfendi Arbi dalam sambutannya. 

Menurut Irfendi, merupakan komitmen peningkatan pelayanan kesehatan untuk menjadikan masyarakat sehat mengutamakan kepentingan dan keselamatan serta kesehatan diri dalam bekerja.  

"Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen masyarakat yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya," kata Irfendi.

Untuk itu, Bupati berpesan agar seluruh tenaga kesahatan yang bertugas di Puskesmas Rawat Inap Pakan Rabaa dapat mengutamakan kepentingan dan kesehatan masyarakat dalam bekerja. 

"Mudah-mudahan dengan adanya rawat inap ini lebih memberikan rasa aman bagi masyarakat untuk berobat dan pelayanan kesehatan," jelasnya. 


Sementara itu,  kepala puskesmas Pakan Rabaa, Yelfi Netra Puspita mengatakan, dalam sehari puskesmas ini biasanya melayani 80 hingga 90 orang pasien. Umumnya pasien rawat jalan.

Walinagari Labuah Gunuang Pakan Rabaa,  Khairul Hadi, menyebutkan selama ini pelayan kesehatan di Puskesmas Pakan Rabaa sudah berjalan dengan baik.  

Khairul Hadi meminta Pemkab Limapuluh Kota lebih meningkatkan lagi sarana dan prasarana puskesmas  karena pelayanannya sudah rawat inap. (rel/hms)



Tulis Komentar