Daerah

Mahasiswa Kukerta UNRI Bagikan Ratusan Masker di Pekanbaru

Mahasiswa Kukerta Relawan Covid-19 UNRI telah menyelesaikan program kerja yaitu pembagian ratusan masker di berbagai titik termasuk sejumlah pasar tradisional di Kota Pekanbaru. Pic.Dok/ANews

Pekanbaru (ANews) - Mahasiswa Kukerta Relawan Covid-19 UNRI telah menyelesaikan program kerja yaitu pembagian ratusan masker untuk masyarakat diberbagai titik di Pekanbaru seperti di Pasar Arengka, Pasar Pusat, Pasar Kodim, dan Pasar Dupa Kencana. Kegiatan ini dilangsungkan di Pasar karena dinilai tempat tersebut merupakan tempat keramaian dimana adanya kegiatan jual beli berlangsung yang melibatkan banyak masyarakat yang datang silih berganti.

Kegiatan pembagian masker yang berjumlah 377 ini dilaksanakan bersama IPKKI (Ikatan Persatuan Keperawatan Komunitas Indonesia) Riau. Hal ini mendapatkan respon positif dari masyarakat di Pasar baik dari pedagang pasar maupun Pembeli.

Kenyaataan di lapangan, didapatkan banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker. Sebahagian ada yang menggantungkan masker di dagunya dan sebahagian lagi ada yang tidak memiliki masker. Melalui wawancara dengan berbagai masyarakat yang ada di Pasar mereka mengatakan bahwa belum terbiasa menggunakan masker saat sedang bekerja dan belum ada edukasi tentang standar masker yang harus digunakan untuk pencegahan dari Covid-19 ini. Mahasiswa yang membagikan pun juga memberi edukasi tentang masker yang sesuai protokol kesehatan dan terkait menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari untuk memutus mata rantai Covid-19 ini.

Mella Nindia Wahyuni selaku ketua kelompok Kuktera menuturkan “kegiatan yang kami laksanakan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Covid-19 yang mana kasusnya mengalami peningkatan dari hari ke hari, Sabtu (18/7/2020),”

“Kami berharap semoga program kerja yang sudah kami laksanakan ini dapat bermanfaatkan dan dapat membantu masyarakat Pekanbaru dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dan semoga masyarakat selalu mentaati semua protocol Kesehatan salah satunya dengan memakai masker saat berpergian keluar rumah” ujar Annisa Sri Sakinah.

Selain kegiatan membagi masker, kegiatan ini disertai dengan pembagian leaflet yang berisikan terkait informasi pencegahan Covid-19 seperti langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benra, penggunaan masker yang baik dan benar serta bagaimana mempertahankan imunitas tubuh agar dapat tercegah dari virus Covid-19. 



Tulis Komentar