Opini

Yakin Adalah Solusi dari Masalah

Oleh : Suhu Wan

(Owner 102 Idolmart & Ketum Asosiasi Masyarakat Ritel Indonesia)

 

PADA sebuah seminar motivasi, pembicara bertanya pada para audiens,”Apakah menurut Anda semua penjara bisa dihapuskan dari negara ini dalam 20 tahun mendatang?”
Sontak kelas menjadi ramai dan banyak sekali peserta yang berkomentar untuk menyatakan ketidakyakinannya atas pertanyaan yg dilontarkan pembicara. 

“Tidak mungkin penjara dapat dihapuskan, karena sekarang saja kejahatan merajalela”
“Negara ini akan menjadi bangsa barbar dan akan berlaku hukum rimba”
“Ada orang yang dilahirkan memang untuk menjadi penjahat” 
Banyak lagi ungkapan peserta yang menyatakan kenapa “tidak mungkin” penjara bisa dihapuskan. 

Kemudian pembicara berkata,”Ok, saya sudah mendengar jawaban dari semua kenapa penjara tidak akan mungkin dihapuskan. Sekarang saya minta tolong kepada Anda semua, tolong yakinkan diri Anda, tolong walau dengan keyakinan yang cuma sesaat, bahwa penjara akan bisa dihapuskan dalam waktu 20 tahun mendatang”. 

Mula-mula kelas hening, kemudian terdengar seseorang berkata lirih,”Penjara mungkin bisa dihapuskan jika semua orang sudah makmur”.
Satu pernyataan ini ternyata kemudian memicu banyak komentar yang menyatakan bagaimana cara agar penjara bisa dihapuskan.  

“Bisa dihapuskan jika keadilan benar-benar ditegakkan”
“Kesejahteraan bisa dirasakan oleh semua orang” 
Banyak lagi komentar yang mengatakan bahwa penjara “sangat mungkin” untuk dihapus. 

Pelajaran berharga yang dapat kita petik adalah disaat kita TIDAK PERCAYA bahwa sesuatu tidak bisa kita lakukan, maka pikiran kita akan menjelaskan kenapa sesuatu itu tidak mungkin bisa dilakukan. Sikap mental dan pikiran akan berkerja secara destruktif dan menentang kita. 

Sebaliknya jika kita PERCAYA sesuatu itu dapat dilakukan, walaupun sesuatu itu kelihatan mustahil, maka pikiran kita secara otomatis akan memberikan alasan dan cara kenapa sesuatu itu bisa untuk dilakukan. Sikap mental dan pikirkan akan konstruktif dan bekerja untuk kita. 

Demikian pula halnya saat kita menghadapi setiap masalah yang menimpa diri kita. Apakah kita dapat menemukan cara mengatasinya akan tergantung dari kepercayaan kita, apakah masalah itu bisa diatasi atau tidak. 

Jika kita belum menemukan solusi atas masalah yang kita hadapi, bukan berarti masalah tersebut tidak bisa diselesaikan. Pasti ada solusi untuk setiap masalah, hanya saja kita belum menemukannya. Sebaiknya jangan pernah menyerah, kadang anak kunci terakhirlah yang bisa membuka sebuah gembok.  Kadang orang menyerah justru dititik-titik terakhir akan menemukan tujuan atau solusi. 

Keyakinan kita akan mampu menemukan solusi dari suatu masalah yang merupakan hal yang terpenting. Dengan kepercayaan tersebut pikiran kita akan berkerja dan menunjukkan jalan keluarnya. Akan ada ide-ide pemecahan pemecahan masalah. 

Saat berada dititik nadir karena kebangkrutan bisnis pertama dan belum dapat menemukan solusi untuk bisa bangkit, saya selalu berkata pada keluarga,”Saya memang belum menemukan bagaimana caranya mengatasi semua masalah yang kita hadapi saat ini, tetapi saya yakin....sangat yakin, Insya Allah saya akan menemukan solusi untuk mengatasinya”. 

Alhamdulillah akhirnya saya bisa bangkit dari kebangkrutan. Jika sebelum bangkrut saya memiliki 36 toko dengan brand Toysmart, saat ini saya memiliki 102 toko dengan brand Idolmart. Bahkan penghasilan 1 toko Idolmart bisa mengalahkan gabungan penghasilan 36 toko Toysmart. 

Kita tentu sangat yakin bahwa semua cobaan dan masalah yang Allah berikan pada setiap hamba-Nya, tidak akan melebihi dari kemampuan hamba-Nya tersebut. Yakin kepada Allah maka kita akan menemukan jalan keluar dari masalah apapun yang kita hadapi atau akan hadapi. **

Semoga bermanfaat.

 

Penulis, adalah Putra asal Basorah Kuansing Riau. Sekarang tinggal di Sentul, Bogor Jabar. Saat sdh punya 36 outlets/toko ritel di Jabodetabek pernah terpuruk/bangkrut selama 2 tahun, krn saat itu katanya focus memikirkan masalah tapi setelah beliau focus memikirkan peluang maka menjadi bangkit kembali dan sekarang sudah memiliki/owner dari 102 outlets ritel di Jabodetabek dg nama IdolMart.



Tulis Komentar