Pendidikan

Himabio FMIPA Unri Gelar BFT Online Untuk Bangun Karakter dan Keakraban Mahasiswa Baru

Kampus FMIPA Universitas Riau. (Ft.dok/anews)

Pekanbaru (ANews) - Jurusan Biologi Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Riau, menggelar kegiatan Biology Fun Together (BFT) dalam jaringan (daring) melalui Zoom Cloud Meeting, Ahad (22/11/20). 

Kegiatan BFT secara online itu, sejalan dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dimana untuk semua kegiatan pendidikan terutama pada tingkat
universitas tidak boleh dilakukan secara tatap muka. Tetapi, kegiatan hanya boleh dilakukan dalam jaringan (daring) dalam situasi dan kondisi pandemi covid-19.

Kegiatan Biology Fun Together ini merupakan kegiatan yang ditaja oleh Dinas Kaderisasi HIMABIO FMIPA UNRI dengan tema "Meningkatkan Solidaritas untuk Menciptakan Biologi Berintegritas" dan berlangsung selama satu hari.

Menurut panitia pelaksana, tujuan acara ini digelar untuk membentuk karakter dan menjalin keakraban mahasiswa baru Jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau. Terkait itulah, panitia pelaksana telah menyiapkan rancangan kegiatan yang menarik dibarengi dengan talkshow motivasi akademis.

Tujuannya adalah, agar nantinya dapat dikenang oleh mahasiswa baru dan mereka dapat mengetahui bagaimana prospek kerja juga hangatnya kekeluargaan di Jurusan Biologi ini.

Dalam sambutannya sekaligus pembukaan acara BFT, Dr.Rr.Sri Catur Setyawatiningsih,M.Si mengatakan, ada tujuh sifat yang akan menghindarkan kita dari kehidupan yang tidak baik yakin diantaranya amanah,ramah, iman, adil, humanis dan harmonis.

Dikatakan Sri Catur, selaku motivator, apabila sifat tersebut dapat terealisasikan pada diri seorang mahasiswa maka dia akan menjadi mahasiswa yang disegani dan dihormati. Pekerjaan bisa di mana dan ke mana saja, tetapi hal yang terpenting adalah tanggung jawab terhadap diri sendiri. 

"Karena sebetulnya nilai yang tinggi bukanlah suatu kesempurnaan, tetapi kita juga harus mampu menampilkan versi terbaik oleh diri kita agar dapat memiliki nilai dedikasi yang berbeda," tutur Sri Catur memberi memotivasi.

Rancangan kegiatan BFT yang berbeda tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan yang sangat menarik dan memotivasi untuk mahasiswa baru yang tentunya akan membuat mereka mengenal bagaimana Jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau. 

"Walaupun harus dilakukan secara online, kami berharap
kegiatan ini dapat dikenang serta teman-teman semua dapat berproses dengan baik di Biologi," ujar Muhammad Albir, Bupati Mahasiswa HIMABIO FMIPA UNRI

Sementara itu, Riski yang juga sebagai Ketua Pelaksana BFT Jurusan Biologi Universitas Riau, juga berharap agar kegiatan ini bermanfaat bagi mahasiswa baru serta tidak menjadi penghalang dalam menjalin keakraban dengan senior dan alumni meskipun kegiatan ini dilaksanakan pada kondisi wabah pandemi virus corona.

Pada kegiatan ini mahasiswa baru di perkenalkan dengan dosen, alumni dan juga senior. Kegiatan BFT ini bukan hanya sekedar pengkaderan dan meningkatkan solidaritas, namun juga
memberikan pembelajaran yang lebih mengenai pembentukan karakter yang berisi motivasi dan kiat-kiat menjadi seorang mahasiswa yang berintegritas dan berdedikasi tinggi. (rls/*)



Tulis Komentar