Menteri Baru Kompak Pakai Jaket Biru

Jokowi Ganti 6 Menteri: Sandiago Uno Menparekraf dan Tri Risma Jadi Mensos

Presiden Joko Widodo ketika memperkenalkan enam menterinya, Selasa (25/12). Foto: SetPres)

Jakarta (ANews) - Presiden Joko Widodo mengumumkan perombakan atau reshuffle kabinet di Istana Negara, Selasa (22/12).

"Pada hari berbahagia ini, saya bersama-sama dengan Pak Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju," ujar Jokowi di Istana Negara melalui siaran virtual.

Sejumlah nama disebutkan mulai dari Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, dan M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan.

Pada kesempatan pengumuman reshuffle itu, keenam menteri baru kompak menggunakan kemeja putih berbalut jaket berwarna biru. Setelan itu dipadukan dengan celana panjang berwarna hitam.

Sementara Jokowi hanya menggunakan kemeja putih dan celana hitam.

Tak lupa, keenam menteri baru itu juga melengkapi tampilannya dengan masker dan faceshield sebagai bentuk menaati protokol kesehatan.

Tampilan menteri kali ini agak berbeda dari sebelum-sebelumnya. Biasanya, jajaran menteri pada Kabinet Indonesia Maju kerap menggunakan kemeja putih polos pada banyak kesempatan.

Pada pengumuman jajaran menteri dalam Kabinet Indonesia Maju Oktober 2019 lalu, para menteri kompak menggunakan busana batik.

Belum diketahui pasti apa yang ingin disampaikan dengan kehadiran jaket berwarna biru. Warna biru menjadi menjadi salah satu warna bumi sebagai lambang air dan langit. Warna biru kerap diidentikkan dengan kedalaman, kepercayaan, kesetiaan, kebijaksanaan, stabilitas, dan kecerdasan. (ZET)



Tulis Komentar