Nasional

Spekulasi Itu Akhirnya Terjawab, Jokowi Pilih Komjen Listyo Sigit Prabowo Calon Tunggal Kapolri

Calon tunggal Kapolri pilihan Presiden Joko Widodo yang diusulkan ke DPR, Komjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo. (Foto: DetikNews)

JAKARTA (ANEWS) - Berbagai spekulasi yang mencuat di tengah masyarakat terkait figur calon Kepala Kepolisian RI (Kapolri) pengganti Jenderal Idham Azis, hari ini Rabu (13/1/2021) akhirnya terjawab.

Presiden Joko Widodo ternyata sudah menyampaikan usulan nama calon Kapolri baru itu ke DPR. Menariknya, usulan nama yang diajukan Presiden ke DPR itu calon tunggal, yakni Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo yang pada saat ini menjabat Kepala Bareskrim Polri.

"Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri dengan nama tunggal yaitu Bapak Drs Listyo Sigit Prabowo MSi yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," ujar Ketua DPR Puan Maharani dalam konferensi pers di Gedung DPR dilansir dari Kompas.com, Rabu (13/1) siang. 

Puan Maharani mengatakan, DPR telah menerima surat presiden (surpres) terkait nama calon Kapolri yang akan menggantikan Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis pensiun pada 1 Februari 2021. Surpres itu dikirim oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada DPR pada Rabu siang ini. 

"Surpres telah kami terima dari Bapak Presiden," kata Puan. 

Puan mengatakan, DPR terhitung 20 hari DPR akan memproses nama calon Kapolri dalam bentuk persetujuan atas calon tunggal Kapolri tersebut.

Pernah Kapolres Solo
Komjen Listyo Sigit Prabowo saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Polri. Dihimpun detikcom, Komjen Listyo Sigit Prabowo lahir di Kota Ambon, Maluku, tanggal 5 Mei 1969. 

Lulusan Akademi Kepolisian 1991 itu menjadi Kapolresta Solo pada 2011. Dalam masa kepemimpinannya, Sigit pernah menangani kasus bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS), Kepunton, Solo, Jawa Tengah.

Setahun kemudian, Komjen Listyo Sigit Prabowo ditarik ke Bareskrim menjadi Kasubdit II Dittipidum. Pada 2013, Komjen Listyo Sigit Prabowo kemudian diangkat menjadi Dirkrimum Polda Sulawesi Tenggara.

Saat Jokowi terpilih sebagai presiden, Komjen Listyo Sigit Prabowo kemudian dipercaya menjadi ajudan. Komjen Listyo Sigit Prabowo mulai bertugas menjadi ajudan Jokowi pada Senin, 27 Oktober 2014.

Dua tahun berselang, Komjen Listyo Sigit Prabowo kembali mendapat promosi. Dengan pangkat Brigadir Jenderal Polisi, Listyo Sigit Prabowo dipercaya menduduki posisi Kapolda Banten. Sebagai Kapolda Banten, Listyo Sigit Prabowo sempat mengamankan Pilgub Banten 2017 dan Pilkada Serentak 2018. Listyo Sigit Prabowo bertugas sekitar 2 tahunan sebagai Kapolda Banten.

Pada 2018, Listyo Sigit Prabowo diangkat menjadi Kadiv Propam Polri. Dia menggantikan Irjen Martuani Sormin, yang ditugaskan sebagai Kapolda Papua. Dengan jabatan itu, Listyo Sigit Prabowo pun mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Irjen.

Selanjutnya, Listyo Sigit Prabowo dipromosikan menjadi Kabareskrim. Posisi Kabareskrim sebelumnya dijabat Idham Azis, yang diangkat menjadi Kapolri (saat ini). (ZET)



Tulis Komentar