Daerah

Dinas PUPR Segera Aspal 12,3 KM Jalan Di 6 Kecamatan

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Pelalawan MD Rizal. (F:LBN/ANEWS)

PELALAWAN (ANEWS) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan terus berkomitmen untuk meningkatkan kemajuan pembangunan insfrastruktur di Negeri Amanah ini. Hal ini dibuktikan dengan digelontorkannya dana puluhan miliar rupiah Tahun 2021 ini oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kabupaten Pelalawan untuk membiayai pembangunan infrastruktur pengsapalan jalan sepanjang 12,3 kilometer di 6 Kecamatan.

"Tahun 2021 ini, kita kembali akan menganggarkan dana untuk pembangunan jalan sepanjang 12,3 kilometer di 6 Kecamatan," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Pelalawan MD Rizal didampingi Kabid Bina Marga Tengku Rudi kepada Amanah News, Selasa (26/1/2021) di Pangkalan Kerinci.

Kata mantan Kepala Dinas Pendidikan Pelalawan ini, jalan yang akan diaspal dengan panjang 12,3 kilometer tersebut, meliputi Kecamatan Pangkalan Kerinci sepanjang 2,5 kilometer. Kemudian Kecamatan Bandar Seikijang sepanjang 1,5 kilometer dan Kecamatan Bandar Petalangan sepanjang 2 kilometer.

"Selanjutnya Kecamatan Langgam sepanjang 1 Kilometer, kecamatan Kerumutan 4,3 Kilometer dan terakhir Kecamatan Pelalawan 1 Kilometer," sebutnya.

Lanjut MD Rizal, jalan yang akan diaspal tersebut, merupakan jalan baru dan juga pemeliharaan atau preservasi. Sedangkan pagu anggaran untuk pembangunan jalan aspal, sebesar kurang lebih Rp43 Miliar. 

"Perkilo meternya jalan yang diaspal akan menelan biaya sekitar Rp3,5 Miliar, sehingga total anggarannya sekitar Rp43 miliar lebih. Itu pun belum dinyatakan fix, bisa jadi Rp3,3 Miliar per kilometernya. Sisa dana bisa dianggarkan di APBD-P. Meski sudah masuk dana Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) disebabkan ada pemotongan anggaran 15 presen setiap bidang," paparnya seraya menyebutkan tahun 2020 Dinas PUPR telah melakukan pengaspalan jalan sepanjang 9 KM di tujuh kecamatan.

Sambung Plt Kadis PUPR, dana yang dikucurkan dipakai untuk pembangunan jalan tersebut, akan dianggarkan melalui dana APBD Pelalawan tahun 2021. Serta dana alokasi khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat. 

"Kami tentunya sangat komit untuk meningkatkan kemajuan pembangunan infrastruktur jalan di Negeri Seiya Sekata ini. Dan harapan kita, dengan adanya pengaspalan jalan ini, dapat membuka isolasi sehingga ekonomi masyarakat meningkat dan keluar dari kemiskinan," pungkasnya. (LBN)



Tulis Komentar