Pendidikan

Bangun Jiwa Kepemimpinan, HIMABIO FMIPA Unri Adakan LTB X Secara Daring

Kegiatan Leader Training of Biology (LTB) X mahasiswa Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Riau, Pekanbaru (28/01/2021). (Ft.Ist)

PEKANBARU (ANEWS) - Kegiatan pengkaderan yang biasanya dilakukan secara tatap muka kali ini dilakukan dengan cara yang berbeda demi terlaksananya tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk membangun karakter dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan mahasiswa baru.

Dalam kaitan itu, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau mengadakan kegiatan Leader Training of Biology (LTB) secara daring (dalam jaringan) melalui Zoom Cloud Meeting dan dilakukan juga secara semi offline di ruang rapat Dekanat dan ruang kelas terdekat di Fakultas MIPA Universitas Riau dengan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Kegiatan LTB ini dilaksanakan pada hari Kamis (28/1/2021) lalu dan berlangsung selama satu hari. Kegiatan LTB X ini merupakan kegiatan pelatihan leadership untuk mahasiswa baru seperti pengenalan teknik sidang serta pentingnya administrasi, yang ditaja oleh Dinas Kaderisasi HIMABIO FMIPA UNRI dengan mengangkat tema "Smart Leader Smart Generation."

Tujuan kegiatan ini mengingat pentingnya menumbuhkan jiwa leadership mahasiswa baru, khususnya mahasiswa baru Jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau. Panitia pelaksana sendiri telah menyiapkan rancangan kegiatan secara menarik dilengkapi dengan seminar kepemimpinan, seminar keadministrasian, travo, serta pelatihan dan simulasi sidang yang diharapkan dapat bermanfaat dan berguna bagi mahasiswa baru yang akan menjadi seorang pemimpin.

“Dengan mengikuti LTB ini para mahasiswa baru akan mendapatkan banyak hal, antara lain tentang kerjasama dan kepemimpinan. Kedua hal ini akan dibutuhkan di masa yang akan datang. Jadi ikutilah dengan baik karena dari kegiatan ini para peserta akan mendapatkan banyak ilmu tentang kepemimpinan,” ucap Ibu Dr.Rr.Sri Catur Setyawatiningsih, M.Si dalam kata sambutannya sekaligus pembukaan acara LTB X.

Muhammad Albirr sebagai Bupati Mahasiswa HIMABIO FMIPA UNRI juga mengatakan hal yang sama. “Dalam rangkaian acara TO 1 yang sebelumnya sudah dilaksanakan, para peserta sudah mendapatkan poin yang namanya kekeluargaan, kerjasama, dan team work. Jadi dalam melancarkan team work tersebutlah dibutuhkan seorang pemimpin dan di sinilah kita akan mendapatkan ilmu yang wajib para mahasiswa ketahui,” ujar Albirr ketika memberikan sambutan.
 
Ketua Pelaksana LTB X Ilmi juga berharap bakal banyak ilmu yang akan didapatkan tentang kepemimpinan (leadership), keadministrasian, teknik sidang, dan training advokasi. 

Ia juga berpesan agar seluruh peserta dapat memperhatikan pemateri dan mendengar materi yang disampaikan, karena jika ingin menjadi pembicara yang besar maka jadilah pendengar yang baik.

Pada kegiatan ini mahasiswa baru tidak hanya diperkenalkan dengan pemateri-pemateri yang sudah kompeten dibidangnya masing-masing, tapi juga diajarkan bagaimana cara menjadi seorang pemimpin, keadministrasian dalam sebuah organisasi, cara orasi yang baik dan benar, serta teknik persidangan yang akan berguna ketika terjun kedunia organisasi baik tingkat jurusan, fakultas, maupun Universitas. Bahkan ditanamkan pula bagaimana sikap untuk menghargai seseorang dan menjadi pendengar yang baik. (rls/ZET)



Tulis Komentar