Ekonomi

SHU Lampaui Terget, DPPK UKM Apresiasi KKMC Masih Menjadi Terbaik di Riau

Kepala DPPK UKM, Riau, Asrizal. (F: MCRiau-ANEWS)

PEKANBARU (ANEWS) - Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPPK UKM) memberikan apresiasi kepada Pengurus Koperasi Karyawan Minyak Caltex (KKMC) dengan tetap menjadi koperasi terbaik di Riau.

Meski di masa pandemi Covid-19 ini, KKMC tetap berjalan sempurna bahkan tetap mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) secara online (daring) dan pencapaian SHU yang melampaui target.

Kepala DPPK UKM, Riau, Asrizal, mengatakan, KKMC, menjadi salah satu koperasi terbaik di Riau. Penyelenggaraan RAT ini sebagai bentuk keseriusan Pengurus KKMC, bagi seluruh peserta KKMC, apalagi dimasa pandemi ini tidak banyak koperasi yang tumbuh. Akan tetapi Pengurus KKMC bisa memberikan SHU koperasi melebihi SHU 2019 dan diatas target 110% dengan nilai SHU setelah pajak berjumlah hampir 10 Milyar, Luar Biasa.

“RAT Koperasi ini adalah suatu kebanggaan bagi kita, karena sama-sama telah kita ketahui, Koperasi ini adalah sebagai pendongkrak Perekonomian yang berbasis kekeluargaan, dengan adanya Koperasi ini. Tujuannya untuk menumbuhkembangkan Pelaku UMKM terutama yang ada di Koperasi itu sendiri,” kata Asrizal Senin (22/3/2021).

“Disaat Pandemi Covid - 19 ini usaha dari pelaku UMKM tidak tumbuh Signifikan dan ini juga berdampak kepada Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Riau maupun Kota pekanbaru. Maka dari itu kita harus bersinergi antara Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru untuk mewadahi para pelaku UMKM dan Anggota Koperasi di Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru,” ungkapnya.

Secara terpisah Ketua Umum KKMC, Aslan Wiguna memaparkan beberapa hal pokok, antara lain, kiat KKMC untuk tetap survive menghadapi pandemi Covid-19. Kesiapan KKMC Menghadapi pre dan pasca peralihan operator Blok Rokan, serta partisipasi dan kontribusi KKMC dalam memajukan Ekonomi Kerakyatan.

“Pasca peralihan Blok Rokan akan tetap exist, malah akan berpotensi semakin tumbuh dan maju. Jumlah Anggota berpotensi meningkat dengan terbukanya kesempatan bagi Anggota baru. KKMC ke depannya akan mampu berkembang lebih maju, dengan terus melakukan revitalisasi dan transformasi sehingga dapat beradaptasi dengan perubahan,” ungkap Aslan. 

Selain itu, KKMC akan mewujudkan inisiatif dan capaian yang berkualitas, berintegitas dan cerdas. Serta terus juga melakukan continues improvement terhadap management organisasi KKMC agar era industry digital 4.0 bisa lebih dekat dengan KKMC. 

“Kita akan terus menjaga integritas dan soliditas agar dapat menghasilkan manfaat bagi Anggota dan Masyarakat,” katanya. (*)



Tulis Komentar