Daerah

Nopriadi Kembali Terpilih Sebagai Ketua Umum IAKMI Provinsi Riau Secara Aklamasi

Dr. H. Nopriadi, SKM. M.Kes kembali dipilih secara aklamasi oleh seluruh Pengurus Cabang IAKMI Kabupaten/Kota se-Propinsi Riau.(foto.ist)

PEKANBARU (ANEWS) - Pengurus Daerah  Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia  (PENGDA-IAKMI) Propinsi Riau, telah selesai melaksanakan  Musyawarah  Daerah (MUSDA) ke-5 dengan agenda meminta pertanggungjawaban Pengurus Daerah periode sebelumnya (2018-2021) dan memilih Ketua Umum Pengurus Daerah IAKMI yang baru periode 2021-2024.

Dr. H. Nopriadi, SKM. M.Kes kembali dipilih secara aklamasi oleh seluruh Pengurus Cabang IAKMI Kabupaten/Kota se-Propinsi Riau dan ditetapkan oleh Pimpinan Sidang Pleno III MUSDA sebagai Ketua Umum Pengda IAKMI Provinsi Riau periode 2021-2024, serta disaksikan oleh semua peserta yang hadir mengikuti MUSDA  baik secara offline dan online via zoom meeting di Aula STIKES Hang Tuah Pekanbaru, pada hari Minggu (4/4/ 2021).

Dihadapan Pimpinan Sidang Pleno III (Muhammad Satria, SKM, M.Kes; Irfan Wahyudi, SKM, M.Kes; dan Puspito Raharjo, SKM, M.Kes), masing-masing perwakilan Pengcab IAKMI Kabupaten/Kota se-Propinsi Riau menyampaikan hak suara  dan mengusulkan 1 nama calon yaitu Dr. H. Nopriadi, SKM, M.Kes sebagai Ketua Umum Pengda IAKMI Riau untuk periode 2021-2024.  Kesempatan pertama  diberikan waktu kepada Ketua IAKMI Rohul Bapak Untung Nasution, SKM; selanjutnya kepada Ketua IAKMI Rokan Hilir Bapak Harjana Nanang Suryadi, SKM;  Wakil Ketua IAKMI Bengkalis Bapak Edi Sudarto, SKM;  Ketua IAKMI Pelalawan Bapak Adi Purwano, SKM, M.Kes; Sekum IAKMI Siak Muhammad Satria, SKM, M.Kes; Ketua IAKMI Dumai Bapak Irfan Wahyudi, SKM, M.Kes, Sekum IAKMI Kuantan Singingi Ibu Silvia  Novita, SKM; Ketua IAKMI Kepulauan Meranti Bapak Ishardi, SKM; Wakil Ketua IAKMI  Pekanbaru Ibu  Rahmi Yanti, SKM, MKM; Ketua IAKMI Kampar Ibu Dwi Andriani, SKM, M.Kes; dan Ketua IAKMI INHU Bapak Ibrahim Alimin,  SKM, MPH.

Hadir Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (PP IAKMI) Dr. Ede Surya Darmawan, SKM, MDM, dan  Dewan Pertimbangan IAKMI Pengurus Daerah Provinsi Riau yang juga Ketua STIKes Hang Tuah Pekanbaru H. Ahmad Hanafi, SKM, MKes, dan perwakilan Pengurus Daerah IAKMI Riau dan Pengurus Cabang IAKMI Kabupaten dan Kota se-Provinsi Riau.
Dalam sambutnya Ketua Umum PP IAKMI, Dr. Ede  Surya Darmawan, SKM, MDM, menyampaikan bahwa Organisasi Profesi IAKMI seperti roda perjalanan tentunya ada ukuran apa yang ingin dicapai, ada suara dan gerakan dalam mewuujudkan program kesehatan masyarakat, punya wawasan, keterampilan dan hasil kerja nyata. Dr.Ede menyarankan anggotanya untuk selalu mengembangkan kemampuannya sehingga dapat menghadapi tantangan ke depannya dalam memajukan kesehatan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat yang ada di Provinsi Riau. ‘’Kalau kita tidak menguatkan SDM unggul dan berdaya saing maka kita akan kerepotan,’’ paparnya. Ia mengajak pula melakukan kerja sama dengan berbagai pihak membangun kesehatan masyarakat. Membangun kesehatan bersama  di sektor agama juga sebagai penentu dan tidak bisa ditinggalkan. 

Dalam kesempatan itu, Dr. H. Nopriadi, SKM, MKes Ketua IAKMI Terpilih mengucapkan terimakasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan oleh semua Pengurus Cabang IAKMI Kabupaten Kota se-Provinsi Riau. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para Pengurus Daerah IAKMI Provinsi Riau periode 2018-2021 dan Panitia MUSDA yang solid dan penuh semangat  bekerja sama, mendedikasikan diri melalui Organisasi Profesi IAKMI ini. 
‘’Mari kita bersinergi dengan pemerintah daerah dan teman-teman dari organisasi profesi Kesehatan lainnya, terus berkontribusi nyata dalam pembangunan kesehatan masyarakat Riau melalui organisasi profesi IAKMI. Kita akan selalu berupaya memperjuangkan hak-hak anggota, tenaga Kesmas, dan semoga kehadiran IAKMI ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Riau. Membangun kesehatan masyarakat ini kita harus kompak, solit, kita harus saling berkolaborasi, hindarilah konfrontasi. Percayalah bersatu kita akan kuat menghadapi berbagai persoalan, demi menjaga dan meningkatkan marwah anggota IAKMI yang berjumlah ratusan ribu tersebar di tanah air, dan demi kesehatan masyarakat Indonesia secara luas. Semoga niat baik kita ini dimudahkan oleh Allah Subhanahu wata’ala, paparnya Dr. Nopriadi.

Disebutkannya, IAKMI merupakan suatu organisasi yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu kesehatan yang lebih fokus pada kesehatan masyarakat. Perjuangan dan roh dari organisasi  adalah memperjuangkan peran promotif dan protektif (preventif), tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitative, sebagai lokomotif pendongkrak meningkatnya derajat kesehatan  masyarakat. Sebab inti dari hidup sejahtera adalah ketika semua orang bisa hidup dengan sehat, baik sehat fisik, mental social dan spritual dan memungkinkan setiap kita hidup produktif secara ekonomi dan sosial. Jadi tepat jika ada istilah kesehatan bukan segalanya, namun tanpa kesehatan semua tidak ada artinya.
Perjuangan IAKMI selalu berlandaskan pada MIRACLE. Semua anggotanya harus menjadi keajaiban bagi sesamanya. MIRACLE memiliki arti pertama Managing health efforts. Kedua, Innovating new society. Ketiga, Research atau evidence base policies. Keempat, Apprenticing for perfection. Kelima, Communitarian. Ketujuh, Leading the society. Kedelapan, Educating healthy life stile.(rls/hrz)
Ditempat  terpisah,  Pengurus Cabang IAKMI Bengkalis,  Edi Sudarto  menyampakan  bahwa terharu setelah mendengar sambutan dan laporan pertanggungjawaban Ketum IAKMI Riau periode 2018-2021 Dr. H. Nopriadi, SKM, M.Kes, bagaimana beliau menyikapi persoalan  Surat Tanda Registrasi (STR) Kesmas yang sementara ini distop, Dr. Nopriadi dengan sangat bijak dan arif memberikan solusi agar cara yang ditempuh adalah dengan berkolaborasi bukan konfrontasi, sehingga ada titik temu dalam menyikapi persolaan ini.

Selama ini IAKMI Riau sudah banyak melakukan kegiatan yang bermanfaat secara nyata bagi anggota dan masyarakat, upaya advokasi, sosialisasi edukasi, dan pengabdian masyarakat, bahkan beliau mau dan mampu mewakafkan waktunya untuk organisasi IAKMI ini, Itu luar biasa, tambah Edi Sudarto, SKM.(rls/hrz) 
 



[Ikuti AmanahNews.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar