Daerah

4 Samsat Baru di Riau Mulai Beroperasi, 6 Lainnya Segera Menyusul

PEKANBARU (ANEWS) - Empat Kantor Samsat baru di Provinsi Riau mulai beroperasi dan melakukan pelayanan kepada masyarakat sejak Senin (12/4/2021) kemarin. 

Keempat kantor Samsat tersebut adalah Samsat Lubuk Dalam yang berlokasi di Rawang Rao, Siak, Samsat Sei Kijang di Bandar Sei Kijang, Pelalawan, Samsat Baserah di Taluk Kuantan dan Samsat Pinggir di wilayah Duri, Bengkalis.

Kepala Bapenda Provinsi Riau, H Herman SE MT, Rabu (14/4/2021) mengatakan bahwa ada 6 lagi kantor Samsat baru yang menyusul akan dibuka dalam waktu dekat ini.

"Semuanya ada 10 kantor Samsat. Berarti masih ada 6 lagi yang akan menyusul dibuka. Ada Samsat Tapung Hilir, Samsat Kempas, Samsat Ukui, Samsat Pujud, Samsat Belilas sama Samsat Rupat. InsyaAllah dalam waktu dekat ini juga segera beroperasi," ungkapnya seperti dilansir MCRiau.go.id.

Dengan adanya penambahan 10 kantor Samsat baru, Provinsi Riau saat ini telah memiliki 43 Kantor pelayanan Samsat dengan dibantu oleh 5 armada Samsat Keliling.

10 kantor Samsat baru ini masuk kategori Samsat pembantu. Hanya melayani pembayaran pajak kendaraan tahunan atau pengesahan. Jadi untuk pembayaran pajak kendaraan lima tahun atau perpanjangan, wajib pajak tetap harus ke Samsat induk.

Adapun jam operasional untuk kantor Samsat baru tersebut, untuk Senin sampai Kamis, pelayanan dimulai dari jam 8 pagi hingga jam 2 siang. Sedangkan hari jumat, jam pelayanan dipersingkat dari jam 8 pagi hingga jam 11 siang. Sementara untuk hari Sabtu, pelayanan hanya dilakukan setengah hari yaitu dari jam 8 pagi hingga jam 12 siang.

Herman mengungkapkan jika pembukaan 10 Kantor Samsat baru ini, salah satu pertimbangannya adalah lokasi dari setiap Kantor Samsat yang ada cukup berjauhan. 

"Untuk kenyamanan dan juga keselamatan masyarakat, kami melihat perlunya dihadirkan pelayanan Samsat sedekat mungkin dengan mereka. Alhamdulillah, tim pembina Samsat lainnya juga support. Pihak Kepolisian dan Jasa Raharja siap back up kita . Semuanya demi melayani masyakarat," lanjut Herman.

Dihari pertama pelayanan, jumlah wajib pajak yang datang ke 4 kantor Samsat baru tersebut cukup signifikan. Arif, seorang wajib pajak di Samsat Lubuk Dalam mengatakan jika dirinya sangat terbantu sekali dengan hadirnya kantor Samsat baru ini.

"Cuma 15 menit dari rumah, Pak. Bisa bayar pajak sambil antar istri belanja ke pasar. Dulu hampir sejam perjalanan. Soalnya ssat paling dekat itu di Siak sama di Pelalawan," ujar Arif.

Selain pembayaran pajak tahunan Samsat pembantu ini juga melayani pencetakkan STNK/SKPD untuk wajib pajak yang melakukan transaksi pembayaran melalui aplikasi e-Samsat Riau. 

"Tinggal bawa bukti bayar dan persyaratan lainnya seperti KTP asli pemilik kendaraan juga STNK dan SKPD asli. Nanti petugas di sana siap bantu cetakkan," pungkas Herman.

Seperti diinformasikan sebelumnya, Pemerintah Provinsi Riau melakukan penambahan 10 Kantor Samsat baru di tahun anggaran 2021. Hal tersebut dilakukan demi terciptanya pelayanan prima untuk masyarakat dan juga meningkatnya Pendapatan Asli Daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor. (*)



Tulis Komentar