Nasional

Pencarian KRI Nanggala-402 Terus berlangsung, Petugas Temukan Tumpahan Minyak dan Titik Magnetik

Aktivitas kapal selam KRI Nanggala-402 beberapa hari lalu saat berlayar mendekati dermaga Indah Kiat di Kota Cilegon, Banten. (F: kps-ANEWS)

JAKARTA (ANEWS) - Upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 masih terus dilakukan oleh petugas dan pihak berwenang.

Kapal ini dilaporkan hilang kontak pada Rabu (22/4/2021) di perairan sekitar 60 mil atau sekitar 95 kilometer dari utara Pulau Bali, sekitar pukul 03.00 waktu setempat.

Untuk membantu proses pencarian, TNI AL juga mengirimkan KRI Rigel dari Dishidros Jakarta dan KRI Rengat dari Satuan Ranjau.

Saat ini TNI tengah memfokuskan pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 di sekitar 23 nautical mile (NM) atau 40 kilometer dari Celukan Bawang, Bali.

Di lokasi ini, petugas menemukan tumpahan minyak dan titik magnetik.

"Dari tumpahan minyak dan daya magnet yang besar, itu sudah mulai terdeteksi di daerah tersebut sehingga sekarang dilaksanakan pemantauan di wilayah tersebut dengan memanfaatkan kemampuan yang ada," ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Achmad Riad dalam konferensi pers di Bali, dikutip dari kanal YouTube Pusat Penerangan TNI, Jumat (23/4/2021).

Kendati sudah mengantongi lokasi tumpahan minyak dan titik magnet, Kapuspen menegaskan bahwa hal itu belum pasti sebagai tanda keberadaan KRI Nanggala-402.

"Jadi sementara sampai saat ini belum bisa ditemukan secara pasti, tetapi beberapa titik-titik ini, karena dengan berbagai peralatan yang ada bisa segera ditemukan, atau bisa segera dijejaki posisi dari KRI Nanggala-402," kata Achmad Riad dilansir dari Kompas.com. 

Kapal selam produksi Jerman tahun 1977 itu ditengarai mengalami black out atau mati listrik total saat penyelaman sehingga kapal tersebut diperkirakan jatuh di kedalaman sekitar 600-700 meter dari permukaan laut.

Di dalam kapal tersebut, terdapat 53 awak kapal yang terdiri dari 49 anak buah kapal, 1 komandan satuan, dan 3 personel arsenal. (*)

 

 

 



Tulis Komentar