Kerjasama Hankam

Langit Pekanbaru Bakal Menggelegar, TNI AU dan AU AS Gelar Latihan Bersama Libatkan Pesawat Tempur F-16

Ilustrasi pesawat tempur F-16 yang akan ikut latihan gabungan TNI AU-AU AS (USAF) di Pekanbaru, Senin (14/6/2021) mendatang. (Ft.ist-net)

JAKARTA (ANEWS) - Warga Kota Pekanbaru, sepertinya harus bersiap-siap menikmati suara gelegar  pesawat tempur yang akan mewarnai langit ibukota Provinsi Riau ini dalam dua pekan ke depan.

Bagaimana tidak, TNI Angkatan Udara dan Angkatan Udara Amerika Serikat atau United States Air Force (USAF) bakal menggelar latihan bersama di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, mulai pekan depan, Senin (14/6/2021).

Disebutkan, latihan bersama dengan sandi “Cope West 2021” melibatkan sejumlah pesawat tempur F-16 dari kedua negara.

"Hari ini sejumlah personel dan peralatan USAF sudah mulai berdatangan di Lanud Roesmin Nurjadin, sementara untuk pesawat F-16 akan segera tiba dalam beberapa hari ke depan, dan diagendakan latihan bersama ini akan dibuka secara resmi pada hari Senin mendatang (14/6/2021)," ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau), Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan tertulis seperti dilansir Amanah News, Rabu (9/6/2021).

Ia menjelaskan, latihan bersama Cope West 2021 merupakan ajang latihan pertempuran udara menggunakan pesawat tempur F-16.

Selain itu, agenda ini juga sekaligus untuk menambah ilmu pengetahuan hingga wawasan.

"Dan saling berbagi pengalaman antar personel penerbang dan teknisi pesawat tempur F-16 kedua Angkatan Udara," kata Indan.

Selain bertujuan meningkatkan kemampuan dan profesionalitas personel kedua Angkatan udara, latihan bersama ini juga menjadi ajang dalam meningkatkan kerja sama militer antara kedua negara, khususnya TNI AU dan USAF.

Rencananya, latihan bersama Cope West 2021 akan berlangsung selama dua pekan ke depan.

"Kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 termasuk para personel dari USAF melaksanakan isolasi sebelum melaksanakan latihan," imbuh dia. (*/ZET)



Tulis Komentar