WAN MUHAMMAD HASYIM 'SUHU WAN'

Ubah Paradigma IKA Unri

Suhu Wan dan Idolmartnya (foto ist/ANEWS)

BARANGKALI sosok WAN MUHAMMAD HASYIM yang akrab disapa 'Suhu Wan' memang patut disuri tauladani oleh para Entrepreneur muda di Tanah Air. 

Betapa tidak di saat badai pandemi covid-19 menghantam sendi-sendi ekonomi negara ini, lini usaha Suhu Wan justru tetap berdiri kokoh tanpa guncangan sedikit pun. 

"Alhamdulillah, sampai saat ini lini usaha yang saya jalankan kokoh walaupun hantaman badai pandemi Covid-19 terus mendera secara global. Dan Insya Allah, hingga kini tak seorang pun dari sekian ribu karyawan yang kita lakukan pemutusan hubungan kerja (PHK)," tutur Suhu Wan dengan nada merendah kepada Redaksi Amanah News, Selasa (27/4/2021).

Putera asli kelahiran Baserah, Kuantan Singingi, Provinsi Riau kelahiran 3 Juli 1969 itu bisa dikategorikan sebagai salah seorang konglomerat Indonesia. Betapa tidak, Suhu Wan merupakan pemilik lebih dari 100 gerai minimarket Idolmart tersebar di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dan pada saat ini dalam persiapan beberapa gerai baru di Jawa Tengah dan Jawa Timur , dengan total kekayaan mencapai ratusan miliar.

Gurita bisnis dengan brand Idolmart milik Suhu Wan yang lulusan S1 FEB UNRI Jurusan Akuntansi itu, memang mempekerjakan ribuan karyawan. Terbukti berkat tangan dingin dan kepiawaian Suhu Wan memenej jaringan bisnisnya itu, Idolmart terus berkembang sampai sekarang. 

Melihat sepak terjang kesuksesan seorang Suhu Wan sebagai Entrepreneur itu, maka tidak heran Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (IKA Unri) Jakarta yang dimotori Djoneiri Ujang, putera Lubuk Jambi, lantas mendaulat Suhu Wan untuk mau memimpin organisasi yang menaungi para Alumni Unri tersebut.

Sebab, dalam waktu tidak berapa lama lagi IKA Unri memang akan menghelat pemilihan Ketua Umum. "Perhelatan pergantian pengurus, sejatinya adalah sebuah evolusi pergantian generasi mencari pemimpin yang berkualitas yang akan memimpin IKA Unri ke depan," ujar Djoneiri. 

Menurut Djoneiri, Suhu Wan sudah melampaui ekspektasi yang rindu akan hadirnya seorang pemimpin berkualitas dan berintegritas yang akan menjadi Ketua Umum IKA Unri. Suhu Wan adalah Ketua Umum AMRI (Asosiasi Masyarakat Retail Indonesia), beliau juga menduduki posisi penting di kepengurusan Persatuan Masyarakat Riau Jakarta (PMRJ), dan IKA Unri Jabodetabek.

Selain itu, katanya, Suhu Wan juga penggagas berdirinya KERIS (Kuansing Entrepreneur Institut), wadah yang menjadi kawah candradimuka bagi pengusaha-pengusaha muda yang akan mulai menjadi Entrepreneur di Kuansing. Beliau juga pendiri One Cafe, di Kampus Panam, yang dia hibahkan, untuk menjadi ajang praktik bagi Mahasiswa dan Alumni Unri. 

Suhu Wan juga adalah pengarang dua buah buku yang sangat menginspirasi: Jatuh Bangun dan Financial Freedom. Dua buah buku yang akan menstimulasi pembacanya untuk menjadi pengusaha.

Dikatakannya, sudah saatnya para alumni Unri memilih Entrepreneur menjad Ketua Umum IKA Unri. Sebab, menjadi Ketua IKA Unri adalah refleksi kualitas alumni Unri secara keseluruhan. 

"Oleh karena itu memang sudah saatnya kita mengubah paradigma kepemimpinan dari yang tadinya Birokrat dan Politikus menjadi pengusaha. Tentunya, pengusaha mumpuni, yang tak hanya pandai berteori tapi juga cakap berpraktik serta memiliki INTEGRITAS yang TINGGI. Jika kita pakai kriteria seperti ini, rasanya Wan Muhammad Hasyim (Suhu Wan) sudah melampaui ekspektasi kita yang rindu akan hadirnya seorang pemimpin berkualitas dan berintegritas yang akan menjadi Ketua Umum IKA Unri," tegas Djoneiri menambahkan. (ZET)



[Ikuti AmanahNews.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar