Opini

Ayo Wujudkan Perumahan Santri

Surau di karantina tahfizh riau tafaqquh (Foto.Ist/ANews)

 

oleh : Rona Muliana, ST. MT

BANYAK konsep konsep perumahan yang berkembang saat ini. Ada konsep perumahan yang memberikan tambahan fasilitas keamaan bagi penghuni perumahan tersebut, misalnya dengan menyediakan pos satpam dan satpam yang menjaga keamaanan perumahan tersebut. Ada konsep perumahan yang mengusung konsep hijau dengan menyediakan taman dalam kawasan perumahan tersebut. Namun yang jarang terdengar adalah konsep perumahan santri. Apa itu konsep perumahan santri? Yakni dengan menyediakan fasilitas masjid atau surau yang dilengkapi dengan ustadz yang mengelola masjid atau surau tersebut. Diharapkan dengan disediakan ustadz yang mengelola masjid tersebut, kegiatan kegiatan di masjid tersebut bisa hidup. Misalnya yang sudah umum, yakni kegiatan sholat berjamaah dan pengajian. Namun yang masih jarang, belum familiarnya kegiatan yang  kental aroma santri di dalam kawasan perumahan tersebut. Misal kegiatan menghafal alquran. Dengan disediakan masjid plus ustadznya maka masyarakat bisa menghapal di masjid atau di rumah masing masing kemudian menyetorkan hafalannya ke ustadz yang tinggal di masjid tersebut. Dengan kegiatan menghafal alquran ini, diharapkan bisa dijadikan suatu harapan masyarakat untuk mendapatkan syafaat kelak di hari kiamat. Karena kita hidup tidak hanya di dunia ini saja, lalu mati hilang tanpa pertanggung jawaban. Akan ada kehidupan akhirat yang sebenar benarnya kehidupan, yakni kehidupan yang kekal abadi selama lamanya.

Alangkah bagusnya lagi, konsep masjid yang diusung seperti konsep surau yang terbuka dinding dindingnya. Konsep surau yang terbuka dinding dindingnya ini memberikan suasana berbeda yang terasa seperti di pedesaan yang biasanya dirindukan masyarakat kota yang terbiasa dengan bangunan tembok tertutup. Ditambah lagi dalam kondisi pandemi saat ini, surau dengan dinding dinding terbuka lebih aman, karena siklus udaranya mengalir tidak terkungkung dalam ruangan tertutup.

Dengan adanya kegiatan menghafal alquran disamping kegiatan islami lainnya, maka diharapkan suara suara yang terdengar di perumahan santri merupakan bacaan alquran yang terdengar seperti kicauan burung. Diharapkan dengan adanya konsep perumahan santri ini, bisa memberikan warna dalam konteks pembangunan perumahan islami. Masyarakat sangat butuh konteks pembangunan islami ini karena dunia ini tempat ujian yang terkadang begitu menakutkan, di lorongnya ada banyak hal yang menyentakkan, sehingga iman dan takwa sangat dibutuhkan untuk menjalani kehidupan yang fana ini. Diharapkan dengan terwujudnya konsep perumahan santri ini, kita bisa bahagia dan sukses hidup di dunia dan di akhirat. Aamiin.

Penulis adalah Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota UIR



Tulis Komentar