Daerah

Forum Ikatan Keluarga Cerenti (F-IKC) Indonesia Taja Webinar Nasional Pembangunan Cerenti yang Berdaya Saing

Peserta Webinar Forum Ikatan Keluarga Cerenti (F-IKC) Indonesia. (Foto.ist/ANews)

PEKANBARU (ANEWS) - Seakan menyambut terbentuknya pengurus, Forum – Ikatan Keluarga Cerenti Indonesia atau yang disingkat F-IKC Indonesia yang berdiri 5. Juni 2021 lalu, Organisasi yang dibawah kepemimpinan Ketua Umumnya Almasri, bergerak cepat dengan mengadakan Seminar on-line atau webinar berskala nasional. Webinar yang bertemakan “Menuju Cerenti Berdaya Saing” tersebut ditaja pada hari minggu, tanggal 4 Juli 2021. 

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, Forum – Ikatan Keluarga Cerenti Indonesia atau yang disingkat F-IKC Indonesia, adalah merupakan wadah tempat berhimpunnya seluruh masyarakat Cerenti yang di perantauan untuk berpartisipasi dan peduli membangun kampung halamannya.

Meskipun organisasi kekerabatan ini boleh dikatakan seumur jagung, namun F-IKC Indonesia menunjukkan eksistensinya. Sebagai langkah awal adalah merangkum permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam pembangunan Cerenti saat ini serta mengetahui potensi yang dimiliki, sehingga Cerenti kedepan nantinya punya plat form dan orientasi pembagunan yang jelas. Acara Webinar ini mendapat respon dan apresiasi dari berbagai kalangan masyarakat. Ini terlihat banyaknya peserta yang bargabung dan berpartisipasi didalamnya. Ini tentu menjadi harapan baru bagi kemajuan Cerenti kedepan. 

Pembukaan webinar yang dilakukan oleh Wakil Bupati Kuansing, Bapak Drs. H. Suhardiman Amby. Ak. MM, dalam sambutannya mengatakan bahwa Cerenti memiliki sumber daya alam yang luar biasa untuk dikembangkan. Sehingga diperlukan upaya-upaya dan pemikiran agar sumber daya tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mensejahterakan masyarakat Cerenti. Webinar yang menampilkan nara sumber putra-putri Cerenti asli yang umumnya adalah para akademisi ini sekaligus membuktikan betapa Cerenti memiliki sumber daya manusia yang sangat bisa diandalkan. Sebut saja diantaranya Prof Dr. H.Syamsul Anwar, MA, guru besar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Dengan materinya topik Akhlakul Karimah sebagai modal utama dalam pembangunan, lalu ada Ir. Eflita Yohana, M,T, Phd. Yang berbicara tentang pemanfaatan teknologi dalam pengembangan SDA dan SDM yang berdaya saing, kemudian ada Dr. Ir. Afendi Arsyad, M.Si yang menjelaskan tentang pengelolaan SDA dan SDM, kemudian ada Dr. Mahendra Romus, Mec yang berbicara tentang kebijakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Camat Cerenti, Yuhendra S.Sos juga menjadi narasumber pada kesempatan ini yang memaparkan tentang potensi Kecamatan Cerenti. Acara ini langsung dipandu oleh moderator Dr. Elda Nazriati, M.kes Waketum V F-IKCI dan didampingi oleh Sadrianto,SE yang juga sebagai Sekretaris Umum F-IKCI.

Acara webinar ini memang sungguh menarik, karena selain para pembicara banyak menyampaikan gagasan dan pemikirannya tentang Cerenti kedepan, juga diperkaya oleh pembahas materi lainnya yang terdiri dari para tokoh dan sesepuh Cerenti. 

Pada kesempatan itu hadir pula sebagai tamu undangan Ketua Forum Pembauran kebangsaan – FPK Provinsi Riau Bpk.Ir.Az.Fachri Yasin,.M.Agr dan Ketua Bappeda Kab. Kuantan Singingi Bpk.Ir.H. Maisir Diakhir acara dirumuskanlah rekomendasi sebagai rencana tindak lanjut oleh Akmal Abas,SH,MH, Waketum I. Drs. Sardison, M.Si Waketum III dan Dharul Fitrah, SE waketum IV F-IKCI. (rls)



Tulis Komentar