Daerah

Bisa Jadi Contoh, Wamenkes Sebut Baru Pertama Kali Vaksinasi Massal Bersamaan dengan Baksos Donor Darah

Pelaksanaan Bakti Sosial (Baksos) Donor Darah dan Plasma Konvalesen (PK) di Hotel Furaya Pekanbaru, Rabu (24/3/2021). (F: MCRiau-ANEWS)

PEKANBARU (ANEWS) - Bersama Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Republik Indonesia (RI) Dante Saksono Harbuwono, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meninjau pelaksanaan Bakti Sosial (Baksos) Donor Darah dan Plasma Konvalesen (PK) di Hotel Furaya Pekanbaru, Rabu (24/3/2021).

Saat peninjauan, Wamenkes dan Gubri beserta rombongan melihat satu per satu ruangan yang disediakan serta kesiapan protokol kesehatannya (Prokes) yang ada pada lokasi Baksos donor darah dan PK tersebut.

Selain di area baksos donor darah, kunjungan tersebut dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke area pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru.

Usai peninjauan tersebut Wamenkes RI, Dante Saksono Harbuwono menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi di Provinsi Riau berjalan cukup baik. Ia juga berharap pelaksanaan vaksinasi ini terus berjalan. 

Pelaksanaan vaksinasi dan donor darah yang dilaksanakan oleh Pemprov Riau ini, menurutnya, bisa menjadi percontohan bagi daerah lainnya.

"Ini bisa jadi percontohan bagi daerah di Indonesia," ujarnya.

Karena selama ini baru pertama kali pelaksanaan vaksinasi bersamaan dengan donor darah, apalagi sebentar lagi akan dihadapkan dengan bulan Ramadan. Pihaknya mengatakan biasanya pada bulan Ramadan, kesulitan untuk mendonorkan darah. 

"Maka dari itu, kita harapkan ini bisa diantisipasi (untuk pencadangan darah, red),". Pungkasnya.

Dalam peninjauan tersebut turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Indra Yovi, dan Wali Kota Pekanbaru Firdaus. (*)



Tulis Komentar