Daerah

Alih Kelola Blok Rokan, Gubri Siapkan Partisipasi BSP dan SPR Langgak

Setelah diambil-alih, menjadi tantangan bagi Pertamina Hulu Rokan dalam mengelola Blok Rokan (F: ist-NEWS).

PEKANBARU (ANEWS) - Dalam rangka mengambil beberapa peluang kerjasama dengan pihak pertamina dalam mengelola blok rokan/ pemerintah provinsi Riau telah melakukan beberapa persiapan. Gubernur Riau mengaku, telah menyiapkan 2 BUMD terbaik yang nantinya akan berpartisipasi dalam kerjasama P-I 10 persen bersama pertamina. Masing-masing Bumi Siak Pusako dan SPR Langgak.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Manusia Riau, Indra Agus Lukman menyebutkan, Gubernur Riau saat ini sudah menyiapkan 2 BUMD yang nantinya akan berpartisipasi dalam pengelolaan participating interest (pi) sebesar 10 persen.  

“ Kedua BUMD tersebut adalah Bumi Siak Pusako dan SPR Langgak yang dinilai memiliki pengalaman dalam bidang operator minyak,” ungkap Indra Agus Lukman, Selasa ( 10/8/21).

Dijelaskan, seleksi terhadap pemilihan BUMD terbaik tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2019 lalu dan sudah dievaluasi oleh gubernur Riau pada tahun 2020 lalu. Gubernur Syamsuar kini sedang menunggu surat resmi dari SKK Migas terkait kelayen BSP dan SPR Langgak sebagai BUMD yang akan bekerjasama dengan pertamina. 

Setelah 97 tahun lamanya, PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) kini resmi mengakhiri eksplorasi hingga produksi minyak bumi di blok rokan. Alih kelola wilayah kerja blok rokan kini diberikan kepada PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) hingga 20 tahun ke depan, dengan memberikan hak partisipasi sebesar 10 persen kepada badan usaha milik daerah (BUMD) milik Pemprov Riau. (*)



Tulis Komentar