Nasional

KASN Selidiki Laporan Jaksa Agung ST Burhanuddin Punya 2 Istri

Jaksa Agung ST Burhanuddin. (Ft.Dok-Net)

JAKARTA (ANEWS) - Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto mengatakan akan menyelidiki laporan terkait status pernikahan Jaksa Agung ST Burhanuddin. 

Jaksa Agung dilaporkan atas dugaan melanggar peraturan PNS karena memiliki dua istri yang salah satunya menjabat di Kejaksaan Agung.

"Sesuai dengan aturan yang ada, kami akan klarifikasi dengan berbagai pihak. Kami harus kaji laporannya," kata Agus kepada wartawan di Kantor KASN, Jakarta Selatan, sebagaimana dilansir dari CNNIndonesia, Kamis (4/11).

Agus menyampaikan pihaknya tak bisa memastikan kapan hasil penyelidikan itu bisa disampaikan pada publik.

Menurut pengakuannya, diperlukan waktu agak lama untuk mencari informasi yang pasti terkait dugaan pelanggaran etik PNS yang dilakukan Jaksa Agung ST Burhanuddin dan salah seorang pejabat perempuan di lingkungan Kejaksaan Agung.

Jaksa Agung Dilaporkan ke Komisi ASN Terkait Dugaan Poligami
Kendati demikian, Agus memastikan pihaknya akan melakukan penyelidikan sesuai prosedur pelayanan.

"Kami enggak tahu berapa waktu yang diperlukan untuk penyelidikan. Masing-masing kan bisa memberikan informasi, artinya bukan di tangan kami 'bola' itu. Tapi dari kami tentu akan dilakukan secepatnya karena prosedur pelayanan itu tidak boleh lambat," ujarnya.

Sebelumnya Jaksa Agung ST Burhanudin dilaporkan atas dugaan memiliki dua istri ke KASN. Laporan disampaikan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jaga Adhyaksa langsung kepada ketua KASN Agus Pramusinto.

ST Burhanuddin diduga melakukan KKN karena hubungannya dengan Direktur Pengamanan Pembangunan Strategis pada Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Mia Amiati.

Baik ST Burhanuddin dan Mia Amiati diduga melanggar Tap MPR Nomor XI tahun 1998 tentang Penyelenggaraan Negara Bersih dan Bebas KKN.

Sementara itu, ST Burhanuddin juga telah memiliki seorang istri bernama Sruningwati Burhanuddin yang menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Pusat.

Pihak CNNIndonesia mengaku sudah menghubungi Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak untuk konfirmasi, namun yang bersangkutan belum memberikan respons. (*/ZET)



Tulis Komentar