Daerah

Sebanyak 8696 UMKM dan 288 Koperasi Tetap Dibimbing

Kepala Bidang Disperindagkop UMKM Kepulauan Meranti Marwan Eko. (F:BOM/ANews)

MERANTI (ANews) - Upaya Pemerintah Kepulauan Meranti melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop UMKM) Meranti telah mendata sebanyak 8696 UMKM aktif terbaru sampai saat ini dan Koperasi sebanyak 288 Koperasi belum termasuk terbaru akhir 2022.

Plt Kepala Disperindagkop UMKM Meranti Marwan melalui Kepala Bidang UMKM Eko Selasa (25/1/2022) mengungkapkan, kami telah data agar umkm semua aktif juga koperasi yang aktif takut menjadi beban dinas.

" Kami hanya sifatnya mendampingan UMKM dan koperasi-koperasi yang ada di daerah kita, dan kami sipatnya mendampingi koperasi, begitu juga umkm kami hanya sipatnya membantu, untuk bantuan dari pemerintah Meranti tidak ada lagi, kalau dana CSR bantuan PT mungkin itu sipatnya pribadi mereka ya silahkan," kata Kepala Bidang UMKM Eko.

Ia pun mengatakan, intinya kami hanya mendorong mereka, untuk menjemput dana di Provinsi Riau dan Kementerian,dan kami hanya membantu mereka sebatas pendampingi mereka agar mempermudah urusanya.

"Di awal tahun Bupati Kepulauan Meranti H.Muhamad Adil SH telah bekerjasama dengan Bank Riau Kepri dalam hal pembiayaan pelaku usaha UMKM, Dengan adanya program ini pastinya pelaku usaha akan terbantu dan dapat meningkatkan usaha mereka," kata Eko.

" Kami dari Dinas hanya bisa membantu memfasilitasi kebutuhan pelaku usaha mulai pemberian informasi sampailah kepada pendataan," ucap Eko lagi.

Ia menjelaskan, bahwa bantuan yang bersumber dari APBD dalam bentuk uang tidak ada. Karena pendanaan tersebut, sudah ada melalui program kementerian dan provinsi Riau Jadi kalo daerah menganggarkan bisa double cost.

" Bantuan langsung ke pelaku usaha dilakukan oleh  CSR itu bukan tanggung jawab dinas, dinas hanya mmbantu memberikan informasi kepada masyarakat bahwa adanya bantuan dan sekaligus informasi persyaratan yang harus mereka siapkan," jelas Eko.(BOM)
 



Tulis Komentar