Ekonomi

Harga Bokar di Riau Naik Menjadi Rp22.300 per kg

PEKANBARU (ANews) - Harga bokar ditingkat pabrik atau Gapkindo dengan tingkat kekeringan KKK 100% di Riau periode pekan ini sebesar Rp22.300 per kg.

"Alhamdulillah, harga bokar KKK % pekan ini mengalami kenaikan harga dari harga pekan lalu sebesar Rp100 per kg," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja, Senin (21/2/2022).

Ia menjelaskan, bahwa Disbun Riau selalu berupaya dan mendorong mutu karet petani Riau meningkat. Diantaranya melalui upaya memperkuat Kelembagaan Petani Karet untuk bergabung dalam Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB).

"Sehingga mutu hasil karet rakyat menjadi bersih dan harga ditingkat petani menjadi meningkat," jelasnya.

Sementara itu, baik tingkat petani maupun di beberapa UPPB yang ada di kabupaten kota di Riau yang menjadi sumber data pada minggu ketiga bulan Februari 2022 yaitu untuk harga bokar/karet ditingkat petani/KUB Kabupaten Kampar sebesar Rp11700,-/kg tidak mengalami penurunan dan kenaikan harga dari harga pekan lalu atau harga pekan ini masih sama dengan harga pekan lalu.

Kemudian, tingkat petani/KUB Kabupaten Rokan Hulu sebesar Rp11.210,-/kg mengalami penurunan harga dari harga pekan lalu sebesar Rp111,-/kg, di tingkat petani/KUB Kabupaten Rokan Hilir sebesar Rp12.000,-/kg harga pekan ini mengalami penurunan harga dari harga pekan lalu sebesar Rp200,-/kg.

Sedangkan untuk tingkat Apkarkusi di Kabupaten Kuansing harga bokar sebesar Rp12.412,-/kg harga pekan ini mengalami kenaikan harga dari harga pekan lalu sebesar Rp161,-/kg.

Lalu, ditingkat UPPB Kabupaten Indragiri Hulu sebesar Rp10.900,-/kg harga pekan ini tidak mengalami penurunan dan kenaikan harga dari harga pekan lalu atau harga pekanbini masih sama dengan harga pekan lalu.(*)



Tulis Komentar