Daerah

Siap Bersinergi dan Berkontribusi Membangun Kuansing, Pengurus Ikatan 'Mondek-Mondek' Kuansing Pekanbaru Resmi Dilantik

Ketua Umum IKKS Taswin Yacub menyerahkan SK Kepengurusan Ikatan Mondek-Mondek Kuansing Pekanbaru, Ahad malam (27/3/2022). Ft.HRZ/ANews)

PEKANBARU (ANEWS) - Setelah beberapa tahun beraktivitas seperti melakukan kegiatan sosial dan arisan antar sesama ibu-ibu asal Kuantan Singingi, akhirnya 'mondek-mondek' Kuantan Singingi (Kuansing) ini sekarang resmi bergabung dalam satu organisasi baku dengan nama Ikatan Mondek-Mondek Kuansing Pekanbaru.

Pelantikan pengurus Ikatan Mondek-Mondek Kuantan Singingi Pekanbaru priode 2022-2025 itu dilakukan langsung oleh Ketua Umum Ikatan Keluarga Kuantan Singingi (IKKS) Pekanbaru DR H Taswin Yacub SP.S di Hotel Furaya, Pekanbaru, Ahad malam (27/3/2022). Pelantikan  ini antara lain dihadiri Sekda Kuansing Dedy Sambudi, Ketua Dewan Pembina IKKS H Ediyanus Herman Halim Datuk Bisai, Sekretaris Umum IKKS Arman Lingga Wisnu dan jajaran pengurus IKKS lainnya.

Ikatan Mondek-Mondek Kuansing (IMMK)--dalam bahasa keren bisa disebut perkumpulan para 'Ladies Kuansing' ini dinakhodai Rahmita Budiartiningsih, SE, M.Hum (Ketua Umum), Hj Maryenik Yandra, H (Ketua Harian), Ir Elly Suryani, M.Si (Sekretaris Umum), Dr Yusni Maulida SE, M.Si (Wakil Sekretaris), Dra Renita Umar (Bendahara Umum) dan Dr Alfiati Silfi, M.Si.Ak,CA (Wakil Bendara).

Jajaran pengurus IMMK juga dilengkapi Dewan Pelindung, Dewan Penasehat, Dewan Pembina, Dewan Pakar, 5 Bidang dan 4 Perwakilan Wilayah. Paling menarik adalah organisasi Mondek-Mondek Kuansing diisi oleh formasi lengkap dari kalangan intelektual, akademisi, profesional, birokrasi dengan gelar akademik Profesor dan Strata 2 ke sebagai bukti otentik betapa warga Kuansing termasuk 'mondek-mondek' memiliki sumberdaya manusia intelektual dan berkualitas.

Ketua Umum IMMK Rahmita Budiartiningsih menyebutkan, dengan motto 'Bersatu Untuk Nagori' selama ini Mondek-Mondek Kuansing sudah berkiprah di tengah masyarakat melakukan kegiatan sosial seperti anjangsana kepada tetua mondek-mondek, peduli Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pengrakin sapu lidi di Kuansing, berkunjung ke sejumlah pengrajin Batik Kuansing bahkan juga menyalurkan 12.000 bibit pohon penghijauan untuk ditebar di semua kecamatan di Kabupaten Kuansing.

"Kiprah mondek-mondek Kuansing di Pekanbaru selama ini sudah nyata di masyarakat. Dengan sudah dilantiknya pengurus mondek-mondek kegiatan ke depan tentu akan lebih ditingkatkan. Bahkan kami siap untuk bersinergi dan berkontribhsi menjalin kerjasama dengan Pemkab Kuansing dan jajaran untuk membangun Nagori," ujar Rahmita Budiartiningsih.

Sementara Ketua Umum IKKS Taswin Yacub mengatakan, Mondek-Mondek Kuansing untuk terus berkiprah di tengah masyarakat untuk membangun dan kemajuan Nagori Kuansing ke depan sesuai motto 'Bersatu Membangun Nagori'.

Sebaliknya Ketua Dewan Pembina IKKS, Datuk Bisai mengingatkan, peran mondek- mondek ke depan harus menurut alur nan lurus, alur dan patut, menempuh jalan yang lurus, memelihara harto pusako termasuk melestarikan pacu jalur, talempong, dan memelihara anak dan kemenakan.

"Walaupun itu tugas mamak, tapi dalam kondisi sekarang mondek-mondek juga harus berperan," tegas Datuk Bisai

Pada kesempatan sama Sekda Kuansing, Dedy Sambudi mengungkapkan Pemkab Kuansing sangat terbuka dan siap bekerjasama dan menerima sumbangsih ide, pemikiran dan program dari Mondek-Mondek Kuansing. (ZET)



Tulis Komentar