Nasional

Kepala ANRI Bersama Gubri Syamsuar Buka Rakor Kearsipan Nasional ke-51

PEKANBARU (ANews)- Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto, didampingi Gubernur Riau Syamsuar, dan Kepala BKSDN Kementrian Dalam Negeri Eko Prasetyanto, membuka Rakor Kearsipan Nasional Republik Indonesia yang dilaksanakan di Hotel Pangeran, Kota Pekanbaru, Selasa (17/5/2022). 

Rakor Kearsipan Nasional Ini membahas dan mengevaluasi kinerja kearsipan nasional tahun 2021. Rakor ini diikuti seluruh pimpinan kearsipan baik kementrian lembaga,  daerah dan perguruan tinggi se-Indonesia dengan perkiraan peserta mencapai 1.000 orang. 

"Dua tahun pandemi Covid-19 telah dilalui. Pimpinan tinggi negara bersama, bersatupadu menghadapi tantangan permasalahan baik ideologi, politik, sosial, budaya, pertahanan, keamanan termasuk kearsipan. Di masa pandemi dituntut kerja  meninggalkan cara lama yang tidak efisien dengan cara baru menggunakan teknologi digital. Dalam kesempatan peringatan kearsipan ke-51 ini perlu evaluasi kearsipan nasional dan melakukan validasi untuk memperbaiki kegagalan, sehingga kinerja kearsipan di tahun berikutnya jadi lebih baik," ungkap Imam Gunarto. 

Beberapa hal yang menjadi pembahasan Rakor ANRI ke-51 ini, yakni tertib arsip, sistem digital dan memori kolektif bangsa. 

"Tiga cluster yang dibahas pada rakor, yakni tertib arsip, sistem digital dan memori kolektif bangsa. Maka perlu digairahkan tentang branding kearsipan yang masih butuh kerja keras semua pihak. Kepatuhan dan kebiasaan budaya kearsipan dan literasi kearsipan yang tinggi serta rangkaian ceramah diskusi kearsipan oleh para narasumber yang mumpuni," kata Imam Gunarto. 

Rakor kearsipan nasional ke-51 tahun 2022 mengangkat tema: "Sinergi Kearsipan untuk Kemajuan Bangsa. Tertib Arsip Transformasi Digital Kearsipan Memori Kolektif Bangsa."

Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar , menyambut baik dan hangat dipilihnya Provinsi Riau sebagai tuan rumah Rakor Kearsipan Nasional ke-51 tahun 2022. Gubernur Riau Syamsuar mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui kepala arsip nasional RI.

Syamsuar menerangkan, Provinsi Riau berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada semua tamu undangan yang hadir. 

"Pemprov Riau berkomitmen dan konsern pada kearsipan. Sadar didukung tata kelola kearsipan bukti pertanggung jawaban administrasi teknis pemerintahan. Pemprov Riau turut terus memperbaiki nilai indeks pengawasan kearsipan setiap tahunnya. Arsip sebagai rekaman sejarah dan memori kolektif bangsa. Saya ucapkan selamat mengikuti Hari Kearssipan Nasional ke-51 tahun 2022 di Bumi Lancang Kuning, Provinsi Riau," ucap Syamsuar.

Pada kesempatan itu Gubernur Riau turut menerima arsip bukti sejarah dari semua kerajaan di Provinsi Riau yang diserahkan oleh Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Imam Gunarto. (*)



Tulis Komentar