Daerah

Bupati Meranti HM Adil Membuka Resmi MTQ Ke-XIII di Kecamatan Tebingtinggi Barat

MERANTI (ANews) - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM dan Wakil Bupati H Asmar membuka secara resmi acara MTQ Ke-XIII yang bertempat di Desa Alai Kecamatan Tebingtinggi Barat dengan lokasi Halaman Kantor Camat Kabupaten Kepulauan Meranti, Ahad (2/7/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Meranti AKBP Andi Yul, Ketua DPRD Ardiansyah, Seluruh Kepala Desa, Ketua PKK H Rinarni, Seluruh Kepala OPD, Camat Sekecamatan, Peserta Lomba MTQ, Sekda Meranti Bambang Suprianto, Para Asisten Setdakab, Para Tamu Undangan dan Masyarakat Kabupaten Meranti, Para Anggota DPRD Meranti. Danramil 02 Tarman, Danposal Selatpanjang, Lapas Selatpanjang, Imigrasi Selatpanjang, Bank Riau Kepri, Ketua LAMR Meranti, Ketua MUI KH Dr Imam Ghozali, Ketua LPTQ Sekabupaten Meranti, Ketua BAZNAS, Ketua Masjid.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan laporan pelaksanaan kegiatan MTQ Ke-XIII oleh Asisten I Irmansyah dia mengatakan bahwa mengenai persiapan sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu, untuk desain Astaka kita ambil dari Masjid Nabawi dan sementara yang lainnya punya makna tersendiri. Sementara tema MTQ adalah wujudkan generasi yang maju cerdas dan bermartabat. Sementara untuk yang mengikuti lomba tersebut berjumlah 287 baik itu dari Meranti maupun dari luar yang ikut serta.

"Kami ucapkan terimakasih dan kerja sama serta partisipasi dari semua pihak sehingga MTQ Ke-XIII bisa terlaksana dengan baik hingga akhir acara, kami mohon maaf jika terdapat kekurangan semoga acara ini mendapat rhido Allah Subhanahu wa ta'ala", ungkapnya Irmansyah selaku ketua pelaksana.

Selanjutnya sambutan Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM sekaligus membuka secara resmi acara MTQ Ke-XIII bahwa, atas nama Pemerintah Daerah dan atas masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada LPTQ Kabupaten Kepulauan Meranti, dan panitia pelaksana atas terselenggaranya MTQ ke-13 Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2029 ini.

"Kami juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya terselenggaranya MTQ ini sebagai salah satu bagian dari upaya peningkatan pembinaan sumberdaya manusia yang telah menjadi agenda pokok program pemerintah. Kepada pihak atas semua peserta MTQ, hadirin dan undangan yang berbahagia. Pengembangan termasuk salah satu dari tujuh program strategis pemerintah daerah. Kita yakin, masyarakat yang mengaji, menghafal, dan mengamalkan ajaran ajaran Al-Qur'an akan mampu meningkatkan kemajuan dan martabat daerah", katanya H Muhammad Adil SH MM.

Pendidikan keagamaan sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa acara MTQ ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan mulai tingkat desa, kecamatan, kabupaten, nasional, bankan internasional. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mutu bacaan, pemahaman, serta pengamalan isi kandungan Al-Qur'an di kalangan umat Islam.

Sesuai dengan tema MTQ tahun ini yaitu" Mewujudkan Generasi Qur'ani Menuju dan Cerdas Kepulauan Meranti yang Maju, Bermartabat" kami mengharapkan. MTQ tahun ini akan melahirkan para qori terbaik ditengah arus globalisasi dan geseran sistem norma dan perilaku masyarakat maka nilai-nilai Islami dan spirit Qur'ani haruslah Kita jadikan rujukan utama, baik di lingkungan keluarga, lingkungan sosial, maupun dalam tataran kehidupan bangsa dan negara.

"Oleh karena itu, melalui Musabaqah Tilawatil Qur'an marilah kita bersama-sama untuk mendekatkan jiwa umat Islam kepada kitab suci dan meningkatkan semangat membaca, mempelajari, serta mengamalkan Al-Quran melalui perlombaan yang memadukan antara suara keharmonisan lagu/ irama tanpa melanggar kaidah tajwid dan diiringi dengan adab membaca Al-Qur'an yang merdu", tutup Muhammad Adil.

Kemudian acara diakhiri dengan do'a bersama dan terakhir pembagian undian kupi berhadiah untuk masyarakat yang hadir di acara tersebut.(*/rls)



Tulis Komentar