Daerah

HUT Ke-77 RI, Gubri, Wagub dan Forkopimda Riau Laksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci

HUT Ke-77 RI, Gubri dan Wagub serta Forkopimda Riau ikut melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kusuma Dharma Pekanbaru, Rabu (17/08/2022) dini hari. (F:ist-ANews).

PEKANBARU (ANews) - Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia, HUT Ke-77 RI, Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Edy Natar Nasution, serta Forkopimda Riau melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

Apel kehormatan dan renungan suci tersebut dipimpin oleh Komandan Komando Resort Militer (Danrem) 031/Wirabima Brigadir Jenderal TNI Parlindungan Hutagalung S.A.P. selaku Inspektur upacara. 

Kegiatan ini dilaksanakan tepat pada pukul 00:00 WIB di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Dharma Pekanbaru, Rabu (17/08/2022).

Dilansir dari laman mcr.go.id, pada kesempatan itu, Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung menyampaikan, kegiatan itu merupakan upaya untuk memperingati jasa para pahlawan yang telah gugur.

Sebanyak 498 pahlawan itu terdiri dari TNI/Polri, Pegawai Sipil, Pejuang Rakyat, dan Pahlawan tak dikenal yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan. 

“Kami yang hadir pada hari ini Rabu 17 Agustus 2022 pukul 00:00 WIB pada upacara untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan TNI 324 orang, Pegawai Sipil 42 orang, Pejuang Rakyat 17 orang, Pahlawan tak dikenal 115 orang, jumlah 498 orang,” ujarnya

Ia menjelaskan, bahwa yang dilakukan para pahlawan itu merupakan bentuk keikhlasan dan pengorbanan dalam melakukan pengabdian terhadap kebahagiaan negara dan bangsa Indonesia. 

Ia pun menyampaikan hormat sebesar-sebesarnya atas segala jasa yang telah diberikan oleh para pejuang kemerdekaan.

“Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa,” jelasnya.

Dalam penyebutan ikrar tersebut, ia berjanji untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah gugur serta mengabdikan diri dengan kebaktian penuh untuk negara.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami. Begitu pula dengan kebaktian yang saudara- saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga,” ucapnya.

Di akhir penyampaian, ia memberikan doa untuk setiap para pahlawan yang telah gugur agar dapat mendapatkan tempat sebaik-baiknya dan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa.

“Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sebaik-baiknya,” tutup Danrem.



Tulis Komentar