Pendidikan

Semarak, Penutupan PKKMB UNIKS 2022

Acara penutupan PKKMB Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) Tahun 2022. (F:ist-ANews)

TEKUK KUANTAN (ANews) - Rangkaian k niegiatan PKKMB Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) Tahun 2022 secara resmi telah ditutup di Lapangan Terbuka UNIKS, Rabu, (14 /9/2022). 

Seluruh rangkaian kegiatan PKKMB Tahun 2022 yang bertemakan : “Mewujudkan Pendidikan Berkarakter dan Bermutu Menuju UNIKS Unggul”, telah selesai dilaksanakan selama dua hari secara langsung oleh seluruh mahasiswa baru UNIKS Tahun Akademik 2022/2023.

Helbi Akbar, S.Pd.I., MA selaku Ketua PKKMB UNIKS Tahun 2022 melaporkan sebanyak 483 mahasiswa baru UNIKS Tahun Akademik 2022/2023 telah selesai mengikuti rangkaian kegiatan PKKMB, baik yang secara bersamaan maupun di fakultas masing-masing.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pimpinan, dosen, tenaga kependidikan serta kepada panitia PKKMB Tahun 2022 atas dukungan dan kerjasamanya kegiatan PKKMB ini dapat berjalan dengan lancar, tertib dan sesuai harapan”, ucapnya.

“Terkhusus dan tak lupa saya juga mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada ormawa tingkat universitas dan fakultas, kakak-kakak pembimbing yang telah membimbing adik-adik mahasiswa baru dalam kegiatan PKKMB ini”, tambahnya.

“Terimakasih juga kepada seluruh mahasiswa baru yang telah mengikuti PKKMB ini dengan serius dan sungguh-sungguh. Mohon maaf kami sampaikan kepada seluruh yang terkait dalam kegiatan PKKMB ini atas kesalahan, kekhilafan dan kekurangan selama kegiatan PKKM ini berlangsung”, tutupnya.

Afrinald Rizhan, SH., MH selaku Wakil Rektor III mewakili Rektor UNIKS dalam sambutan penutupan PKKMB Tahun 2022 mengucapkan selamat datang dan selamat menjadi bahagian dari keluarga besar UNIKS kepada para mahasiswa baru.

Pada kesempatan ini, Afrinald Rizhan, SH., MH berpesan kepada para mahasiswa baru UNIKS Tahun 2022, agar mahasiswa baru membuka jejaring dalam berorganisasi, tingkatkan wawasan dan pengenalan kampus UNIKS serta menjaga silaturahmi.

“PKKMB ini, akan mendorong mahasiswa baru untuk membuka jejaring dalam berorganisasi, baik organisasi secara formal maupun informal. tujuannya adalah, memperluas wawasan, saling mengenal di antara mahasiswa baru agar membentuk suatu ikatan yang terangkai satu sama lain. Pengenalan dan adaptasi mahasiswa baru di UNIKS setelah PKKMB ini, akan menmabah kecintaan mahasiswa baru terhadap UNIKS, mudah-mudahan makin cinta pada UNIKS dan jika cinta akan UNIKS maka akan loyal dan total untuk mengembangkan UNIKS”, jelasnya.

“Jika mahasiswa baru nantinya hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu (biasa disebut untuk mahasiswa yang kuliah-pulang-kuliah-pulang), tidak banyak wawasan dan tidak saling mengenal mahasiswa lain serta lingkungannya, kemungkinan untuk gagal menuntaskan studi juga sangat tinggi”, lanjutnya.

“Saya juga berharap, mahasiswa baru semuanya selalu menjalin silaturahmi yang baik dengan kakak-kakak senior, para tenaga kependidikan dan bapak-ibu dosen UNIKS yang telah memberikan bimbingan dan diperkenalkan satu persatu pada kegiatan PKKMB ini”, harapnya.

Afrinald Rizhan, SH., MH juga menyampaikan kepada mahasiswa baru sudah diperkenankan untuk mencari informasi seputar perkuliahan setelah selesainya kegiatan PKKMB ini dan melakukan persiapan perkuliahan yang akan dilaksanakan pada Senin, 19 September 2022.

Rangkaian kegiatan penutupan PKKMB ini dimulai dengan senam sehat UNIKS secara bersama dengan instruktur di lapangan terbuka UNIKS, selanjutnya acara dilaksanakan di dalam GSG UNIKS untuk penyampaian materi oleh Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes mengenai Kesadaran Lingkungan Hidup, Manajemen Resiko dan Kampus Sehta, diteruskan dengan materi oleh Yosep Butar-Butar, SH Hakim Pengadilan Negeri (PN) Teluk Kuantan dengan tema Pengembangan Karakter Mahasiswa sebagai Intelektual dan Anti Kekerasan kemudia materi dari Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kabupaten Kuantan Singingi yang diwakili oleh Wakil Kepala Kepolisian Resort (Wakapolres) Kompol Lilik Surianto, S,ST., SH., MH tentang Kehidupan Berbangsa, Bernegara dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara serta materi dari Wakil Rektor I M. Irwan, SE., MM, Wakil Rektor II Desriadi, S.Sos., M.Si dan Wakil Rektor III Afrinald Rizhan, SH., MH mengenai Panduan Akademik, Non Akademik dan Ormawa.

Pada acara penutupan PKKMB UNIKS Tahun 2022 ini, sebanyak 10 mahasiswa baru sebagai peserta terbaik diberikan dan mendapatkan sertifikat penghargaan, dibagikan oleh unsur pimpinan. Selama rangkaian acara penutupan juga diisi banyak hiburan dan aksi, dari kakak-kakak senior dan pembibing seperti tari, game ketangkasan, kecerdasan, kekompakan, out bond, public speaking dan berbagai macam kegiatan lainnya. (INF)



Tulis Komentar